Ketua BPD di Kab Pasuruan Dapat Pengarahan Dewan

BANGIL, Radar Bromo–Ratusan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Pasuruan mendapat “bimbingan” dari legislatif. Bimbingan itu ditujukan untuk penguatan dan pemantapan peranan BPD terhadap pemerintahan desa.

Sebab, banyak BPD yang belum mengetahui tugas pokok dan fungsinya. “Kami mengundang BPD dalam rangka penguatan dan pemantapan akan peranan mereka terhadap pemerintahan di desa. Karena masih banyak anggota BPD yang belum mengetahui tugas pokok dan fungsinya,” jelas Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan Kasiman.

Ia menambahkan, pada dasarnya tugas pokok dan fungsi BPD mirip dengan DPRD. Hanya perbedaannya, anggota BPD tersebut mereka memiliki tugas di desa. Bukan di pemerintahan kota, kabupaten, ataupun provinsi dan RI.

Beberapa tugas BPD itu seperti memberikan persetujuan perencanaan pembangunan anggaran dana desa. Atau memberikan persetujuan terkait BUMDes dan beberapa tugas maupun fungsi lainnya.

“Sebenarnya, banyak peranan penting BPD dalam sebuah pemerintahan desa. Hanya saja, banyak dari mereka yang tidak mengetahuinya. Makanya, melalui forum inilah, kami melakukan pemahaman,” sambungnya.

Kegiatan itu, diharapkan bisa meningkatkan peranan BPD di tingkat desa. Sehingga, risiko adanya pelanggaran hukum di tingkat desa, bisa diminimalisasi. “Kades yang berpersoalan dengan hukum, diharapkan bisa diminimalisasi,” timpalnya.

Namun, kabar miring muncul pada kegiatan itu. Karena ada yang menganggap, pemberian bimbingan oleh dewan, diluar fungsi dewan. Terkait hal ini, Kasiman memandang kalau legislatif juga memiliki peranan. Dan lagi, hal itu pula sebagai wadah dalam mendengar pendapat BPD atas pemerintahan di desa. “Kami juga mendengar pendapat BPD melalui kegiatan tersebut,” sambungnya.

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan enggan memberikan keterangan berkaitan dengan hal itu. Ia beralasan, ada giat lain, sehingga tidak bisa mengikuti jalannya kegiatan tersebut.

“Bisa konfirmasi langsung ke Pak Kasiman, selaku ketua komisi I karena kebetulan, saya tidak hadir mengikuti kegiatan karena ada giat lain,” pungkasnya. (one/mie)