alexametrics
28C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Ditarget Bebas Kumuh, 17 Desa/Kelurahan Ini Dikucuri Rp 2,9 M

BANGIL, Radar Bromo – Sejauh ini, di Kabupaten Pasuruan belum ada desa atau kelurahan yang masuk kategori kota tanpa kumuh (Kotaku). Meski begitu, upaya pengurangan kawasan kumuh terus dilakukan.

Salah satunya, dengan pembenahan infrastruktur di desa-desa dan kelurahan yang menjadi bidikan kotaku. Di akhir tahun ini, untuk mengurangi kawasan kumuh di kawasan setempat, dikucuri anggaran Rp 2,9 Miliar. Anggaran itu dialokasikan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur penunjang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan Hari Aprianto mengatakan, belasan desa dan kelurahan di Kabupaten Pasuruan menjadi bidikan sebagai Kotaku. Desa-desa dan kelurahan tersebut, tersebar di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Seperti di Kecamatan Beji, Bangil, Kraton, Nguling, Pohjentrek, Lekok serta Tosari. Di Bangil misalnya. Selain Desa Tambakan dan Desa Masangan, ada Kelurahan Kalianyar yang ditargetkan bisa menjadi kotaku. Sementara di Kecamatan Beji, ada Kedungboto dan Kedungringin (selengkapnya lihat infografis).

“Ada 16 desa dan 1 kelurahan yang ditargetkan bisa menjadi Kotaku. Namun, untuk saat ini, memang belum ada desa dan kelurahan yang menyandang Kotaku tersebut,” aku Hari.

Hal ini dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya, dipengaruhi infrastruktur kurang memadai. Seperti masalah pada sanitasi, keteraturan bangunan, belum bebas banjir dan berbagai infrastruktur lainnya.

Lantaran itu, peningkatan infrastruktur dilakukan Pemkab agar tercipta Kotaku. Dana Rp 2,9 miliar dialokasikan tahun ini, untuk penanganan infrastruktur tersebut.

Seperti pembangunan jalan hingga drainase di desa-desa penyandang kotaku dan beberapa pembenahan infrastruktur lainnya. “Proses pengerjaannya sedang berlangsung. Anggarannya dialokasikan di P-APBD 2020 senilai Rp 2,9 miliar,” bebernya. (one/mie)

 

Wilayah yang Ditargetkan Masuk Kotaku (kota tanpa kumuh)

Beji
-Desa Kedungboto, Desa Kedungringin

Bangil
-Desa Tambakan, Desa Masangan, Kelurahan Kalianyar

Kraton
Desa Asemkandang, Kalirejo, Bendungan, Selotambak, Curahduku

Pohjentrek
Desa Sungiwetan, Sungikulon

Lekok
Desa Tambaklekok, Jatirejo

Nguling
Desa Mlaten, Penunggul

Tosari
Desa Wonokitri

MOST READ

BERITA TERBARU