Pemkab Pasuruan Kekurangan Tenaga Auditor

BANGIL, Radar Bromo – Jumlah auditor yang dimiliki Pemkab Pasuruan saat ini dinilai masih jauh dari ideal. Dari kebutuhan sebanyak 56 orang, Pemkab baru memiliki 19 orang.

Padahal, beban kerja yang dimiliki cukup besar. Tidak hanya pengawasan internal, tetapi juga menerima permintaan laporan perhitungan dari lembaga vertikal seperti kejaksaan ataupun kepolisian.

“Jumlah auditor kami memang terbatas. Kalau bicara ideal, memang tidak,” kata Plt Inspektorat Kabupaten Pasuruan Sunyono.

Untuk itulah, penambahan jumlah auditor bakal dilakukannya. Tahun ini jumlah auditor di Kabupaten Pasuruan sudah ditambah. Dari sebelumnya hanya 17 orang menjadi 19 orang.

Pihaknya pun akan berusaha untuk melakukan penambahan di tahun berikutnya. Meski tak sampai ideal, setidaknya bisa menambah jumlah auditor yang ada. “Tahun ini sudah bertambah. Kami upayakan tahun depan juga ada penambahan,” ulasnya.

Ia menegaskan, keterbatasan jumlah auditor jelas berdampak pada kinerja. Karena beban masing-masing orang cukup tinggi. Berbeda jika jumlah auditor lebih banyak.

Tentunya, akan memudahkan dalam menjalankan kinerja yang ada. “Kami hanya bisa memaksimalkan jumlah yang ada saat ini,” jelasnya. (one/mie)