Tambah Anggaran Normalisasi saluran Irigasi, Besarannya Segini

BANGIL- Jumlah jaringan irigasi yang akan dinormalisasi Pemkab Pasuruan, tahun ini akan bertambah. Melalui Perubahan APBD 2018, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan telah menambah anggaran Rp 700 juta.

Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka mengatakan, anggaran kegiatan normalisasi jaringan irigasi memang bertambah Rp 700 juta. Sebelumnya, dialokasikan sekitar Rp 2,6 miliar untuk mengeruk pendangkalan jaringan irigasi.

Dengan tambahan itu, Pemkab Pasuruan telah menyiapkan anggaran Rp 3,3 miliar untuk pengerukan jaringan irigasi. Tambahan anggaran ini bertujuan memperbanyak jaringan irigasi yang bisa dinormalkan. Sebab, sejauh ini banyak jaringan irigasi yang butuh perhatian.

“Banyak jaringan irigasi yang mengalami pendangkalan. Dampaknya, fungsinya berkurang. Makanya kami upayakan untuk menormalisasi jaringan irigasi sebanyak-banyaknya agar berfungsi baik,” ujarnya.

Selain anggaran, Hanung mengatakan, jumlah jaringan irigasi yang akan dinormalisasi juga bertambah. Semula pihaknya berencana mengeruk 77 jaringan irigasi. Dengan adanya tambahan anggaran, kini ada tambahan 5 jaringan irigasi yang akan dikeruk.

Puluhan jaringan irigasi itu, tersebar hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Pasuruan. “Sekarang prosesnya masih berjalan. Kami kebut untuk penyelesaian kegiatan normalisasi yang dianggarkan sebelumnya,” ujar Hanung. (one/fun)