alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Covid-19 Masih Butuh Dana Besar, Dianggarkan Rp 25 M dari Dana Cukai

BANGIL, Radar Bromo – Pemkab Pasuruan masih menggelontorkan dana besar untuk penanganan pandemi Covid-19, tahun depan. Setidaknya Rp 25 miliar dialokasikan untuk berbagai kebutuhan.

Sekda Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya menjelaskan, anggaran besar memang masih dibutuhkan dalam penanganan pandemi. Mengingat, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pasuruan masih terus bermunculan.

Tahun 2020 saja, lebih dari Rp 100 miliar digulirkan untuk penanganan pandemi tersebut. Baik untuk alat-alat kesehatan penunjang, kekarantinaan, hingga kegiatan lain.

“Penanganan Covid-19 memang membutuhkan dana besar. Mengingat, banyak kegiatan yang harus dilakukan,” bebernya.

Menurut Anang, dana Rp 25 miliar tahun depan juga dialokasikan untuk berbagai kegiatan. Mulai dari kekarantinaan, tracing, tracking,treatment, termasuk untuk vaksinasi.

Anggaran Rp 25 Miliar itupun baru di tahap awal. Karena, bukan tidak mungkin anggarannya bisa ditambah. Di awal tahun nanti menurut Anang, kesiapan vaksinasi mulai dilakukan.

“Kami sudah menggelar teleconference dengan pemerintah pusat. Januari ini vaksinasi mulai ready dan bakal jalan. Jadi, kami harus menyiapkan anggarannya untuk kegiatan tersebut,” bebernya.

Besaran penganggaran untuk Covid-19 ini juga yang membuat pengesahan R-APBD 2021 sempat alot. Sebab, kata Anang, banyak kegiatan lain di luar pandemi yang membutuhkan anggaran. Sementara, ketersediaan anggaran daerah terbatas. (one/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU