Hutan Kota di Bangil Ini Bakal Kembali Dipercantik

BANGIL, Radar Bromo – Setelah terdampak refocusing anggaran, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan mengusulkan lagi anggaran untuk mempercantik Hutan Kota Kalirejo di Bangil. Kebutuhan anggaran diperkirakan mencapai Rp 100 juta.

Kepala DLH Kabupaten Pasuruan Heru Ferianto mengatakan, anggaran DLH untuk mempercantik hutan kota memang terkena refocusing anggaran Covid-19. Sehingga, sementara ini belum ada penambahan fasilitas di Hutan Kota Kalirejo.

“Saat ini hanya perawatan rutin. Seperti pembersihan dari sampah daun dan sebagainya. Namun, tambahan fasilitas belum ada,” terangnya.

Menjelang Perubahan APBD 2020, DLH berencana mengusulkan lagi anggaran untuk mempercantik Hutan Kota Kalirejo. Besarnya Rp 100 juta. Anggaran ini diperlukan untuk membangun greenhouse, termasuk tambahan fasilitas lain dan tambahan tanaman. Sehingga, bisa menjadi daya tarik masyarakat sekitar untuk menikmati ruang terbuka hijau.

“Tapi karena masih usulan, kami belum tahu apakah disetujui atau tidak. Jadi, nanti tetap akan melihat kondisi keuangan anggaran,” ujarnya.

Andai disetujui nanti, sisa waktu tiga bulan menurut Heru, cukup sempit untuk mengerjakan greenhouse. Karena itu, pihaknya akan mengambil langkah cepat kalau ada indikasi disetujui. Seperti, akan segera membuatnya DED.

“Jadi, jika ada indikasi disetujui, segera kami buat DED-nya. Sehingga, begitu disetujui bisa langsung dikerjakan. Dengan waktu yang tersisa bisa tercapai semua pengerjaannya,” terangnya.

Hutan Kota sendiri sampai kemarin (2/8) masih ditutup. Jika Bangil sudah menjadi zona hijau, ruang terbuka hijau bisa dibuka lagi untuk masyarakat. (eka/fun)