Zainudin Pensiun, Bakesbangpol Kab Pasuruan Dijabat Plt  

BANGIL, Radar Bromo–Daftar kursi strategis pejabat eselon II di Pemkab Pasuruan yang tak diisi pejabat definitif bertambah. Itu, setelah per awal Juli ini ada lagi satu pejabat eselon II yang purnatugas.

Ia adalah Zainuddin yang terakhir menjabat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bangkesbangpol). “Saat ini bupati sudah menunjuk Plt untuk kepala Bangkesbangpol. Yakni, Pak Bakti Jati Permana yang juga menjabat kepala Satpol PP,” terang Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan Misbah Zunib.

Dengan adanya tambahan 1 pejabat yang purnatugas per awal Juli ini, kebutuhan pejabat eselon dua makin bertambah. Karena itu, lelang jabatan dipastikan akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

“Saat ini Pemkab Pasuruan masih dalam proses untuk seleksi sekda terlebih dahulu. Baru setelah itu, proses untuk lelang jabatan eselon dua,” terangnya.

Pemkab juga disebutkan akan menyusun daftar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih kosong. Sehingga, berapa jumlah kebutuhan eselon dua nanti bisa segera dilakukan lelang.

Meski saat ini cukup banyak OPD yang dijabat Plt, Misbah memastikan tidak akan mengganggu kinerja Pemkab Pasuruan. “Insyaallah tidak akan terganggu. Kami memaksimalkan yang ada sampai nanti lelang bisa dilakukan,” terangnya.

Selain sekda, saat ini kebutuhan pejabat eselon dua di Pemkab Pasuruan mencapai 10 orang. Rinciannya, ada 7 OPD yang kini dikepalai Plt. Yakni, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Inspektorat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag), Dinas Kesehatan, Direktur RSUD juga Bangkesbangpol.

Selain itu, juga ada 3 kursi staf ahli yang semuanya kosong. Yakni, Staf Ahli Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan; Staf Ahli bidang Pembangunan; dan Staf Ahli SDM dan Pemasyarakatan. (eka/mie)