Tambah 1 Penera di Kab Pasuruan, Masih Belum Ideal  

BANGIL, Radar Bromo –Jumlah tenaga penera di bidang metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan bertambah. Jika sebelumnya hanya ada 3 penera, tahun ini sudah bertambah menjadi 4 penera. Meski begitu, jumlah itu dinilai masih belum ideal.

Plt Kepala Bidang Metrologi pada Disperindag Kabupaten Pasuruan Emik Irianah mengatakan, akhir tahun lalu pemkab mendapat tenaga penera baru. Penera baru itu berasal dari Kabupaten Jember. Pemindahan penera ini terjadi lantaran ada permintaan dari yang bersangkutan.

“Jadi, penambahan penera ini lantaran dari penera sendiri ada permintaan pemindahan tempat dinas. Dan, kebetulan Kabupaten Pasuruan juga butuh. Sehingga diterima,” terangnya.

Disperindag setempat, disebutkan Emik, memang sudah beberapa kali mencoba komunikasi dengan kota dan kabupaten lain, jika ada penera yang ingin berpindah tempat dinas. Ini lantaran dari usulan ke pusat, sejauh ini belum ada penerimaan penera lagi.

“Termasuk tahun ini, untuk pelatihan penera belum ada. Sehingga, memang membuka bagi penera yang ingin berpindah lokasi kerja, maka dipersilakan,” terangnya.

Dengan tambahan 1 penera, saat ini total ada 4 penera di Kabupaten Pasuruan. Jumlah itu sejatinya memang belum ideal. Mengingat jumlah perusahaan dan kegiatan perdagangan di Kabupaten Pasuruan cukup tinggi. Idealnya, disebutkan bisa ada 5 penera.

Penera sendiri kebutuhan petugas yang tersertifikasi untuk melakukan tera ulang seperti di mesin perusahaan, jembatan timbang, SPBU, timbangan, dan lain sebagainya. Mengingat Kabupaten Pasuruan yang merupakan daerah industri dan perdagangan. Potensi kebutuhan penera memang cukup tinggi.

“Namun, kami tetap memaksimalkan yang ada. Jika ada kegiatan peneraan di luar misal di perusahaan dan sebagainya, bisa ada 3 yang dinas luar dan 1 penera bisa stand by di kantor jika ada masyarakat yang datang untuk meminta peneraan di kantor,” ujarnya. (eka/mie)