alexametrics
28C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Terima 68 Pengajuan Pelimpahan Haji Ahli Waris di Kab Pasuruan

PANGGUNGREJO,Radar Bromo – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan terus menerima pengajuan pelimpahan porsi haji kepada ahli waris. Tercatat sampai Selasa (1/12) sudah ada 68 pengajuan ahli waris yang menggantikan kuota sanak saudara yang meninggal dunia.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan Imron Muhadi mengatakan, mulai tahun ini Kuota Calon Jemaah Haji (CJH) yang meninggal bisa diberikan porsinya kepada ahli waris. Sehingga nomor bisa diberikan ke ahli waris dan tidak hangus.

“Jadi jika ada CJH yang meninggal dunia, nomor porsi ini bisa dialihkan ke ahli waris. Ahli waris ini bisa istri, suami, anak, saudara, menantu yang mendapatkan persetujuan ahli waris,” terangnya.

Kebijakan ini merupakan kebijakan baru dari Kemenag Pusat. Jika sebelumnya CJH yang belum masuk daftar keberangkatan tahun ini dan meninggal dunia, biasanya ahli waris hanya bisa mengajukan pengembalian dana pembayaran porsi awal haji.

Namun mulai tahun ini, nomor porsi bisa dialihkan kepada ahli warisnya. Tercatat sampai kemarin, jumlah pelimpahan haji mencapai 68 kuota.

Dari jumlah tersebut, 65 lantaran meninggal dunia. Dan 3 kuota lainnya lantaran sakit keras. Sehingga kuotanya diberikan kepada ahli warisnya.

“Jadi, ahli waris selain menunjukkan surat kematian, juga menyerahkan syarat lain seperti KK, KTP termasuk surat keterangan tanggung jawab oleh penerima pelimpahan porsi haji dan surat kuasa penunjukan dari ahli waris,” terangnya.

Untuk 68 pelimpahan kepada ahli waris ini tidak hanya CJH yang berangkat tahun 2021 mendatang. Tapi ada juga yang masuk antrean keberangkatan 4-5 tahun lagi.

Untuk pengajuan selain diverifikasi oleh Kemenag daerah. Semua juga diajukan ke Pusat atau Jakarta sampai disetujui nomor porsinya diserahkan ke ahli waris yang bersangkutan. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU