alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

KONI Kab Pasuruan Digerojok Rp 5,4 M

BANGIL, Radar Bromo – Prestasi dunia olahraga di Kabupaten Pasuruan harus lebih baik tahun depan. Sebab, kucuran anggaran untuk KONI (induk cabor-cabor) alami kenaikan bila dibanding tahun ini.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan, Ruslan mengatakan, alokasi anggaran untuk KONI Kabupaten Pasuruan, mencapai Rp 5,4 Miliar. Jumlah itu, tentunya lebih besar dibandingkan tahun 2020, yang mencapai Rp 5 miliar sebelum terdampak refocusing anggaran penanganan Covid-19.

Dengan tingginya anggaran tersebut, KONI seharusnya memiliki program untuk peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Pasuruan. “Kami ingin pembinaan cabor-cabor lebih baik lagi. Sehingga, ada peningkatan prestasi,” bebernya.

Hal senada diungkapkan Trilaksono Adi, anggota Komisi IV DPRD. “Memang pandemi Covid-19, membuat event olah raga seolah terhenti. Tapi, bukan berarti, pembinaan cabor dan atlet, ikut terhenti bukan. Makanya, kami mendorong agar ada program, yang bisa meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Pasuruan,” desaknya.

Ketua KONI Kabupaten Pasuruan M. Mulyadi mengatakan, anggaran yang kini melekat di Dispora tersebut, dipergunakan untuk pembinaan cabor dan atlet-atletnya. Setidaknya, ada 28 cabor di Kabupaten Pasuruan. Bahkan, jumlah itu diproyeksikan bertambah, pada 2021 mendatang.

Besaran dana pembinaan untuk cabor bervariasi. Dana yang dialokasikan itu pula, untuk reward hingga puslatcab menjelang Porprov 2022.

“Kami bersyukur jika bisa mendapatkan dana Rp 5,4 miliar tersebut. Karena, dibandingkan 2019, jauh lebih tinggi ini. Tahun 2019 lalu, kami hanya mendapat kurang lebih Rp 4,5 miliar (usai ada refocusing),” bebernya.

Ia meyakinkan, memang memiliki target untuk menaikkan peringkat Kabupaten Pasuruan. Dalam ajang Porprov 2022, Kabupaten Pasuruan memiliki target bisa menggeser Kabupaten Malang.

Dalam ajang Porprov 2019, Kabupaten Pasuruan masuk peringkat enam. Sementara di atasnya, ada Kabupaten Malang. “Peluang itu mungkin ada. Karena, sebagian besar atlet-atlet Porprov 2019, masih bisa berlaga pada 2022,” tambahnya. (one/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU