BPBD Kab Pasuruan Kembali Usulkan Tambah Truk Tangki

BUTUH TAMBAHAN ARMADA: Petugas BPBD mendistribusikan air bersih saat kemarau lalu. Usai gagal menambah armada truk tangki tahun lalu, BPBD kembali mengusulkan tambahan truk tangki. (Dok. Radar Bromo)

Related Post

BANGIL, Radar Bromo – Gagal melakukan penambahan truk tangki pada 2019 lalu, tak serta merta memupus keinginan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan menambah armadanya. Saat ini pengadaan ulang truk tangki air itu tengah direncanakan.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Tectona Jati menyampaikan, penambahan truk tangki menjadi hal yang dibutuhkan. Hal ini untuk lebih banyak menjangkau daerah yang membutuhkan air bersih.

Karena itu, meski sempat gagal pada 2019 lalu, rencana pengadaan ulang bakal dilakukan. “Hanya memang, tahun ini belum kami anggarkan,” bebernya.

Menurut Tekto –sapaan akrabnya-, jumlah truk tangki yang dimiliki BPBD masih minim. Hanya ada dua unit. Itu pun kemampuan jangkaunnya terbatas.

Pihaknya membutuhkan kendaraan truk tangki baru yang mampu dioperasikan di jalur menanjak. Sehingga, penyaluran air bersih di dataran tinggi bisa dilalui.

“Kami masih menunggu petunjuk dari pimpinan untuk pengadaan ulang. Apakah bisa di P-APBD (Perubahan APBD) atau malah tahun depan,” beber Tecto.

Ia menjelaskan, penyaluran air bersih bukan hanya saat musim kemarau. Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pihaknya masih rutin menyalurkan air bersih.

Bedanya, penyaluran air bersih yang dilakukan untuk mengisi tempat atau tangki-tangki cuci air di Kabupaten Pasuruan.

“Setiap harinya, kami mengoperasikan dua truk tangki yang kami miliki untuk mengisi tangki-tangki air untuk sarana cuci tangan masyarakat,” ulasnya. (one/mie)