Dispendukcapil Kembali Buka usai Lockdown, tapi Hanya Layani Online

BANGIL, Radar Bromo – Sempat ditutup total seminggu terakhir, pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pasuruan mulai kembali dibuka Rabu (31/8). Namun, layanan hanya dibuka untuk online saja sementara ini.

“Sementara ini situasi masih belum aman, mengingat 17 pegawai di Dispendukcapil juga masih diisolasi karena positif Covid-19. Namun layanan sudah mulai dibuka, tapi semuanya berbasis online,” ujar Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko.

Yudha mengatakan, sejatinya dari Pusat sudah mengimbau untuk layanan Dispendukcapil di daerah juga diarahkan ke layanan online. Ini, lantaran di tengah pandemi Covid-19 saat ini, layanan tatap muka memang berisiko tinggi karena masih bertemu dengan masyarakat luas.

“Sehingga, sementara ini kami tetap menggunakan layanan online, baik dari pengajuan layanan sampai konsultasi,” ujarnya.

Setelah sempat di-lockdown seminggu terakhir, pengajuan rata-rata hanya turun 10 persen per hari. “Ini, lantaran sebelumnya saat awal pandemi Covid-19, masyarakat sudah terbiasa mengajukan via WA atau online. Sehingga, penurunan pengajuan juga tidak banyak. Termasuk, saat ini kami hanya membuka via online. Masyarakat juga sudah banyak yang terbiasa,” ujarnya.

Sedangkan untuk pelayanan di Kantor Dispendukcapil sendiri, memang tidak memperbolehkan masyarakat untuk masuk. Ada petugas di depan kantor yang mengarahkan untuk online dan hanya kebutuhan legalisasi saja.

“Sedangkan untuk pengajuan semuanya online, termasuk untuk pengambilan dokumen dan e-KTP bisa diambil di kantor kecamatan masing-masing,” ujarnya. (eka/mie)