Desa Sidogiri dan Prodo Disiapkan Jadi Desa Tanggap Bencana

RAWAN BENCANA: Simpang tiga Sidogiri, Kraton, yang diusulkan bakal dipasang CCTV. Desa Sidogiri juga disiapkan jadi desa tanggap bencana oleh BPBD setempat karena dinilai rawan bencana. (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

Related Post

BANGIL, Radar Bromo – Kondisi geografis Kabupaten Pasuruan yang diapit pegunungan dan lautan membuat kawasan setempat rawan terjadi bencana. Untuk mengantisipasinya, pemkab setempat kini tengah mendorong munculnya desa tanggap bencana baru di wilayah setempat.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Tectona Jati mengutarakan, sejumlah bencana alam kerap melanda wilayah Kabupaten Pasuruan. Khususnya, ketika musim hujan melanda. Selain banjir, tanah longsor menjadi hal yang kerap terjadi. Untuk musim kemarau, biasanya bencana kekeringan dan kebakaran.

Sementara, petugas yang dimiliki BPBD terbatas. Karena itu, perlu ada peran dari masyarakat untuk siap dan sigap dalam penanganan bencana. “Karenanya, kami terus mendorong adanya desa-desa tanggap bencana di Kabupaten Pasuruan,” kata Tecto-sapaannya.

Sejauh ini, sudah ada delapan desa tangguh bencana di Kabupaten Pasuruan. Desa tangguh bencana itu tersebar di sejumlah kecamatan.

Seperti Tambakan, Kecamatan Bangil; Desa Kedungringin, Kecamatan Beji; dan sejumlah desa lainnya.

Ia menambahkan, jumlah tersebut masih minim. Perlu diperluas, sehingga setiap desa yang memiliki risiko bencana, bisa tanggap ketika terjadi bencana.

“Kami berencana untuk menambah desa-desa tanggap bencana tahun ini. Paling tidak, dua desa lagi bisa menjadi desa tanggap bencana,” ujarnya.

Selain Desa Prodo di Kecamatan Winongan, pihaknya juga membidik Sidogiri, Kecamatan Kraton, bisa menjadi desa tanggap bencana. Dua daerah itu disebut rentan terjadi bencana alam. Baik banjir ataupun angin puting beliung.

“Sekarang kami masih persiapan untuk menjadikan dua desa tersebut desa tanggap bencana. Karena ada pelatihan dan kegiatan lain bagi warga setempat untuk bisa menjadi desa tanggap bencana,” jelasnya. (one/mie)