Bangun 2 Gedung Senilai Rp 44 M di Kompleks Perkantoran Raci

BANGIL, Radar Bromo – Pemkab Pasuruan memang gagal memindahkan Sekretariat Pemkab dari Kota Pasuruan ke Kompleks Perkantoran Raci tahun 2019. Namun, tahun ini dipastikan tetap ada pembangunan sejumlah kantor baru di Kompleks Perkantoran Raci, Bangil.

Rencananya, dua gedung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bakal dibangun di Kompleks Perkantoran Raci tahun ini. Dana yang disiapkan cukup besar. Mencapai Rp 44 miliar. Pasalnya, satu gedung yang akan dibangun, bisa menghabiskan dana hingga Rp 22 miliar.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan Hari Aprianto mengungkapkan, rencana pembangunan dua gedung OPD di Kompleks Perkantoran Raci bakal didirikan tahun ini. Anggaran untuk pembangunan dua gedung itu sudah disetujui dan digedok dalam pengesahan APBD 2020.

“Memang untuk sekretariat pemkab tidak jadi dibangun. Tapi, untuk dua gedung OPD, bakal tetap jalan,” ungkap Hari.

Anggaran setiap gedung dialokasikan Rp 22 miliar. Gedung itu dibangun berlantai tiga. Rencananya, akan ada dua gedung yang dibangun. Sehingga, dana yang dihabiskan mencapai Rp 44 miliar.

“Anggarannya sudah dialokasikan dalam APBD 2020. Banggar dan timgar juga sepakat untuk merealisasikan pembangunan dua gedung OPD tersebut,” tuturnya.

Sejauh ini, di Kompleks Perkantoran Raci memang sudah ada beberapa gedung OPD yang dibangun. Seperti Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Dinas PU Bina Marga, Dinas Perumahan dan Permukiman, Bappeda, Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang, Dispendukcapil, DPMD, BPBD, Dinas Arsip dan Perpustakaan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, Dinas Pendidikan, DLH, Disperindag, serta Dinas Koperasi dan UKM.

Namun, belum seluruhnya gedung-gedung OPD Kabupaten Pasuruan dipindahkan ke Bangil. Padahal, instruksi pemerintah pusat, gedung-gedung OPD tersebut harus dipindahkan, seiring dengan penetapan Bangil sebagai ibu kota.

OPD yang belum pindah pun cukup banyak. Seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Inspektorat, Disnaker, Kominfo, dan beberapa OPD lainnya. “Pembangunan dua gedung OPD itu, untuk percepatan pemindahan kantor ke ibu kota Kabupaten Pasuruan di Bangil,” jelas Hari.

Hanya saja, Hari belum memastikan dua gedung tersebut akan difungsikan untuk OPD apa saja. “Memang ada permintaan dari beberapa OPD. Tapi, kami belum tentukan untuk OPD apa saja. Yang jelas, kami siapkan terlebih dulu bangunannya,” jelasnya. (one/mie)