Warga Lekok Dibekuk usai Simpan Motor Curian di Rumah

LEKOK, Radar Bromo – Usai sudah petualangan M. Zainuddin, 25, warga Desa Tambaklekok, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan dalam dunia pencurian. Itu setelah pria yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan ini ditangkap oleh unit reskrim Polsek Lekok pada Sabtu lalu (23/11).

Ia ditangkap di rumahnya. Saat diamankan, Zainuddin tidak bisa mengelak karena unit reskrim Polsek Nguling menemukan sejumlah barang bukti (BB) berupa motor Honda CB150R warna hitam hasil curian di Desa Tidu, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan.

Pengungkapan ini bermula pada Rabu (30/11) sekitar pukul 15.00 wib, petugas Unit Reskrim Polsek Lekok menerima informasi. Dalam laporannya dilaporkan bahwa di rumah M Zainuddin di Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok, disimpan satu unit motor yang di duga dari hasil kejahatan. Petugas lantas mengecek kebenaran info tersebut dengan mendatangi rumahnya.

Petugas unit reskrim Polsek Lekok mendatangi rumah Zainuddin sekitar pukul 19.30. Setelah dicek, ternyata di dalam rumahnya terdapat satu unit motor CB150R.

Namun saat anggota Reskrim Polsek Lekok masuk ke dalam rumahnya, M Zainuddin sudah melarikan diri. Di dalam rumah itu hanya ada istrinya, Mm yang menemui.

Dari sini anggota unit Reskrim melakukan penyitaan motor bernopol N 4034 WD dan sejumlah barang bukti (BB). Seperti STNK dan BPKB.

Barang bukti tersebut lantas di amankan di Mapolsek Lekok. Setelah dilakukan pengecekan di samsat Polres Pasuruan Kota, diketahui motor CB150R itu milik Suroto, warga Kelurahan Krapyakrejo, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Selanjutnya anggota unit Reskrim Polsek Lekok melakukan jemput bola dengan mendatangi alamat tersebut.

Ternyata Suroto mengaku dirinya telah mengalami kejadian pencurian dengan ancaman kekerasan (perampasan) di Desa Tidu Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan pada Oktober silam.

Petugas Polsek Lekok lantas lakukan penyelidikan selama kurang lebih satu bulan. Dan akhirnya pada Jumat (29/11) sekitar pukul 17.00 wib, unit Reskrim Polsek Lekok berhasil menangkap M Zainuddin. Ia lantas diamankan di Mapolsek Lekok.

Kasubag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto mengungkapkan Zainuddin merampas motor milik Suroto pada Oktober lalu di wilayah Tidu. Kini Zainuddin sudah diamankan di Mapolsek Nguling. “Pelaku sudah ditahan. Ia dikenakan pasal 368 tentang perampasan. Ancamannya 9 tahun penjara,” ungkap Endy. (riz/fun)