Kebakaran Gudang Kasur Membuat Jalan Nasional Macet 1 Kilometer

SUKOREJO, Radar Bromo – Kebakaran gudang produksi dan penyimpanan kasur dan bantal membuat lalu lintas macet di dua arah jalan nasional. Baik arah Malang – Surabaya, maupun sebaliknya.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo di lapangan, selama kebakaran berlangsung, kemacetan terjadi hingga 1 kilometer. Baik di arah Malang – Surabaya dan sebaliknya.

Sebabnya, proses evakuasi barang berlangsung hingga ke badan jalan. Barang-barang yang dievakuasi sempat diletakkan di di badan jalan atau aspal.

Petugas Poslantas Sukorejo yang datang ke lokasi kebakaran, langsung menerapkan contraflow. Sehingga, arus lalu lintas tetap jalan, meskipun melambat.

MEMBUBUNG: Asap yang muncul akibat kebakaran gudang di Sukorejo. (Foto: Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

 

Contraflow-nya sekitar 300 meter saja. Ini harus kami lakukan agar tidak macet panjang. Kendaraan tetap bisa lewat, sementara itu upaya pemadaman apinya juga jalan,” kata Kaposlantas Sukorejo Aiptu Hardiono.

Selama penerapan contraflow, kendaraan dari arah Malang ke Surabaya melewat jalur dari arah berlawanan di lajur cepat atau kanan. Sedangkan dari arah Surabaya ke Malang tetap berjalan di jalurnya. Tapi, melintas di lajur kiri atau lambat.

“Jalur arah Malang ke Surabaya, baik lajur cepat dan lambat kami kosongkan dari semua kendaraan. Termasuk motor, selama contraflow berlangsung,” ungkapnya.

Adapun contraflow-nya, berlangsung hanya sekitar 90 menit. Sekitar pukul 11.30, arus lalin kembali normal.

Saat itu proses pemadaman api tinggal pembasahan. Evakuasi barang juga selesai dilakukan. (zal/hn/fun)