Pemkab Pasuruan Tambah Empat Ekskavator Senilai Rp 4 M dari P-APBD

BANGIL, Radar Bromo – Rencana Pemkab untuk menambah alat berat akhirnya terealisasi. Saat ini sebanyak empat alat berat berupa ekskavator nangkring di halaman parkir kompleks perkantoran Raci.

Pengadaan ekskavator itu direalisasikan akhir November 2019. “Kami sudah mengajukan pembelian secara e-katalog untuk empat unit alat berat tersebut,” jelas Kepala Dinas PU Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Misbah Zunib.

Empat alat berat tersebut, dialokasikan sekitar Rp 4 miliar. Dana tersebut bersumber dari P-APBD 2019. Pengadaan empat ekskavator itu bukan tanpa alasan.

Menurut Misbah, keberadaan alat berat berupa ekskavator yang dimiliki instansinya saat ini belum menunjang. Selain jumlahnya terbatas, kondisi alat beratnya pun sudah dimakan usia.

Rata-rata, merupakan pengadaan tahun 2004. Hal ini membuat alat berat yang ada, tak jarang macet ketika difungsikan. “Kegiatan normalisasi yang ada, tak jarang terganggu lantaran kerusakan alat berat tersebut. Maklum, usia alat berat yang ada relatif tua,” sambungnya.

Pengadaan alat berat ini, diharapkannya bisa memaksimalkan pengerukan sungai. Sebab, selain baru, alat berat yang ada bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada.

“Ada ekskavator kecil dan besar yang kami beli. Sehingga, bisa disesuaikan penggunaannya sesuai medan yang ada. Hal ini tentunya akan memudahkan pengerukan,” terangnya. (one/mie)