Hari Ini Pelatihan Jurnalisme Warga, Tujuannya Ciptakan Agen Informasi dan Bisa Publikasikan Potensi Daerah

PERSIAPAN: Panitia menyiapkan venue acara pelatihan jurnalisme warga, Kelompok Informasi Warga (KIM) Fasilitator, Kabupaten Probolinggo 2019 yang akan dihelat Senin (2/12) di gedung Bale Hinggil. (Didik Purwanto/Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Potensi daerah yang ada di Kabupaten Probolinggo sangat beragam. Sayangnya potensi tersebut belum mampu di ekspose secara maksimal oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) akan menggelar pelatihan jurnalisme warga, Senin (2/12).

Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan bahwa kegiatan ini mengundang kelompok informasi mayarakat desa. Nantinya kelompok ini akan diberikan pelatihan menulis, dokumentasi, serta publikasi.

“Kegiatan ini mengundang sekitar 125 peserta dari 30 desa yang ada di Kabupaten Probolinggo. Mereka akan mendapatkan materi dan pelatihan dari narasumber yang cukup berkompeten,” ujarnya.

Dalam acara nanti pesertya akan mendapatkan materi dari narasumber. Peserta dapat langsung mencoba mempraktikkan materi yang telah didapat didampingi langsung oleh narasumber. Tak hanya itu nanti setelah pelatihan akan dibentuk kelompok berdasarkan kawasan masing-masing untuk berdiskusi, mempraktikkan menulis, dokumentasi hingga mempublikasikannya.

Materi yang rencananya akan berikan dalam kegiatan tersebut seperti pemberian wawasan tentang konsep agen komunikasi, blogging dan penulisan kreatif, fotografi dan infografis, serta video blogging.

“Harapan kami nanti setelah pelatihan selesai dilaksanakan, peserta dapat langsung mempraktikkannya di desa masing-masing, agar potensi yang ada di desa dapat dipublikasikan,” tuturnya. (ar/fun)