Pemuda Kuripan Diamankan usai Terima Gadai Motor dari Kawannya

PAJARAKAN, Radar Bromo – Jangan gampang menerima gadai motor, apalagi jika barangnya tak memiliki surat-surat resmi. Jika tidak, pengalaman yang menimpa pada Maswin, 27, bisa terjadi pada Anda. Warga Desa Resongo, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo, itu harus berurusan dengan hukum. Awal mulanya, gara-gara dia menerima gadai motor trail dari saudaranya, Alim, warga Desa Gemito, Kecamatan Sumber.

Kini keduanya berurusan dengan pihak kepolisian. Pasalnya, ternyata motor yang digadaikan saudaranya itu adalah hasil curian.

Hal itu diungkap oleh Maswin saat dirilis pihak kepolisian Rabu (27/11). Maswin hanya bisa tertunduk lesu. Ia mengatakan, bahwa ia tidak tahu jika motor trail bernopol N 2330 QW itu hasil curian. Sehingga, kemudian ia menerima gadai tersebut.

Menurutnya, Alim menggadaikan motor tersebut beralasan tidak memiliki uang. Alim menyebut, motor itu merupakan milik dari temannya. Karena itulah Maswin percaya dan memberikan uang sekitar Rp 4-5 juta.

Sementara itu, Alim yang terlebih dulu tertangkap membenarkan hal itu. Menurutnya,motor itu memang diakuinya dari temannya.”Saya memang katakan kalau itu motor teman saya,” jelasnya.

Meskipun demikian, pihak kepolisian tidak lantas percaya keduanya. Pihak kepolisian terus menyelidiki kasus tersebut. Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, kasus tersebut merupakan kasus pencurian di Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura. Pelakunya adalah Alim. Sedangkan Maswin, diduga menjadi penadahnya.

“Untuk pelaku kami kenakan pasal 363 dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sedangkan penadahnya kami kenakan pasal 480 dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” jelasnya. (sid/fun)