Pilkades di Kab Probolinggo Berakhir, Pelantikannya Digelar Akhir Desember

KRAKSAAN, Radar Bromo – Usai sudah pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo. Setelah nama calon kades terpilih ditetapkan, pelantikan kades terpilih di 12 desa di Kabupaten Probolinggo akan dilakukan pada akhir Desember mendatang. Saat ini panitia di 12 desa masih melakukan penetapan dan pemberitahuan terhadap kades terpilih.

Hal itu diungkapkan Bambang Susmoko, Kepala Bidang Aparatur Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten setempat. Menurutnya, tahapan pilkades setelah pemilihan saat ini masih melakukan tahapan penetapan.

“Masih melakukan tahapan penetapan. Panitia tingkat desa melakukan pemberitahuan terhadap Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing desa,” tandasnya.

Pria yang akrab disapa Bambang itu menjelaskan, setelah penetapan kades terpilih tersebut, panitia mempersiapkan untuk pelantikan. Pelantikan sendiri direncakan akan dilakukan pada akhir Desember. Itu, dilakukan sehingga nantinya kades terpilih akan langsung action.

Ia menjelaskan, kades terpilih setelah enam bulan menjabat harus membuat untuk RPJMDes. Ini merupakan program pemerintah desa ke depan yang baru. “Wajib membuat. Tetapi, untuk penganggaran 2020 mereka tinggal menjalankan dari periode sebelumnya. Karena sudah disepakati,” terangnya.

Harapannya, pada kades yang baru, yaitu mereka harus menjaga amanah. Sehingga, dalam menjalankan tugasnya tidak sampai ada kesalahan serta juga penyelewengan. Tujuannya,yaitu agar dua belas desa yang memiliki pemimpin baru itu bisa maju dan berkembang

“Harapannya demikian. Semoga mereka semua amanah dan bisa membuat desa maju dan semakin berkembang serta menyejahterakan rakyat,” ungkapnya. (sid/fun)