3 Kader Internal Gerindra dan Empat Pendaftar Eksternal Berebut Rekom Bacawali Gerindra

BUGUL KIDUL, Radar Bromo – Pendaftaran bakal calon walikota di Partai Gerindra melahirkan persaingan yang cukup sengit. Betapa tidak, selama dua pekan tercatat ada tujuh orang mendaftar dari partai yang memiliki tiga kursi di parlemen tersebut.

Tak hanya itu, empat pendaftar dari kalangan eksternal juga bakal bersaing dengan tiga kader internal Gerindra yang juga mencoba peruntungan. Sebab, rekomendasi yang diberikan partai binaan Prabowo Subianto nantinya tentu hanya untuk satu orang. Ialah yang berhak diusung dalam Pilwali 2020.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Pasuruan, Mamat Aryo Setiawan memastikan ketujuh pendaftar itu telah melengkapi formulir yang harus dipenuhi. Berkas-berkas itu nantinya akan dibawa ke DPD Jawa Timur untuk diverifikasi.

Mamat juga menyebut, empat dari tujuh pendaftar itu berasal dari kalangan eksternal partainya. Mereka yaitu Ahmad Anshori, Raharto Teno Prasetyo, Ayi Suhaya, dan Rosman Ariansyah. “Sedangkan dari internal ada tiga,” ungkap Mamat.

Tiga pendaftar tersebut tak lain ialah Ahmad Zubaidi yang kini menjabat Ketua DPC, dan dua kader lainnya yang duduk sebagai anggota DPRD, yakni Soemarjono dan Marzul Afiyanto. “Semua formulir sudah kami terima dari masing-masing pendaftar,” imbuh Mamat.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Pasuruan, Ahmad Zubaidi menguraikan proses yang bakal berjalan dalam menyeleksi para pendaftar sebelum berhak mendapat rekomendasi. Di antaranya ada tahapan pemaparan visi misi dan survei. Dua tahap itu dilakukan guna menakar kapasitas dan elektabilitas masing-masing pendaftar.

“Dari proses itu DPD nanti punya gambaran mengenai para pendaftar. Karena ada tim survei yang akan bekerja,” ujarnya.

Selanjutnya, berkas pendaftaran dikirimkan ke DPP. Zubaidi menyebut, DPP yang memiliki kewenangan menerbitkan rekomendasi. Namun juga dengan pertimbangan berdasarkan hasil verifikasi dan survei yang dilakukan jajaran di bawahnya.

“Insyaallah bulan Desember sudah terbit rekomendasi,” pungkasnya. (tom/fun)