Pemkab Probolinggo Beri Apresiasi Perusahan Melalui CSR Award 2019

APRESIASI: Wabup Timbul Prihanjoko bersama Asisten Administrasi, Perekonomian dan Pembangunan, Sidik Widjanarko, Puguh Dwi Tjahtjono, Ketua Forum CSR Provinsi Jawa Timur dan Sugeng Nufindarko ketua Forum CSR Kabupaten Probolinggo berfoto bersama penerima piagam dan trofi CSR Award 2019. (Foto: Jamal/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Pembangunan di sebuah daerah tidak terlepas dari peran corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan. Termasuk di Kabupaten Probolinggo. Berangkat dari hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bappeda Kabupaten Probolinggo, menggelar CSR Award 2019.

Even bertema “Anucara Hati “ itu bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Bromo itu, Senin (18/11) dipungkasi dengan penganugerahan kepada para peserta. Pengenugerahan tersebut, digelar diruang auditorium Madakaripura lantai V Kantor Bupati Probolinggo.

Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko mengatakan, melalui CSR-nya banyak program-program yang dibuat perusahaan yang telah dirasakan manfaatnya oleh warga Kabupaten Probolinggo selama ini.

“Acara CSR Award ini bukan ajang lomba atau mencari yang terbaik dari perusahaan tersebut dalam melaksanakan program CSR nya. Namun, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan atas upayanya selama ini dalam bersama-sama membangun Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini dalam program CSR-nya, perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Probolinggo telah melaksanakan program sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Diantaranya, di bidang lingkungan, pendidikan, kesehatan, wisata dan sebagainya.

“Harapannya, ke depan ada inovasi dari kegiata-kegiatan tersebut. Sehingga, manfaatnya semakin dirasakan oleh masyarakat. Karena Probolinggo itu luas tiada akhir, istilahnya endless Probolinggo,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga mengajak kepada perusahaan untuk bersama-sama Pemkab Probolinggo menggali potensi yang ada di Kabupaten Probolinggo. Baik itu potensi yang sudah maksimal, maupun yang belum maksimal. “Tentunya ini butuh pemikiran bersama, termasuk pihak perusahan. Ini untuk membangun Kabupaten Probolinggo yang lebih baik,” katanya.

Sugeng Nufindarko ketua FKTSP (Forum Komunikasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) atau Forum CSR mengatakan, dalam CSR Award 2019 tersebut, Pemkab Probolinggo melalui Bappeda bersama FKTSP menggandeng Jawa Pos Radar Bromo melakukan sejumlah tahapan.

“Dimulai sosialiasasi, penilaian dokumen CSR, presentasi dan wawancara hingga kunjungan lapangan atau silaturahim. Sebagai tahapan penting dari penghormatan dan penghargaan Pemkab kepada perusahaan yang telah mengimplementasikan program CSR-nya dengan tulus dan ikhlas,” katanya.

Sementara itu, dalam penganugerahan kemarin, puluhan pihak yang terlibat dalam CSR Award maupun perusahaan yang tidak terlibat, hadir memenuhi ruang auditorium Madakaripura lantai V. Mereka berbaur dengan sejumlah kepala OPD dan camat.

Juga hadir tiga juri CSR Award 2019 , yaitu Bahtiar Fitanto Dosen jurusan ekonomi dari fakultas ekonomi Universitas Brawijaya, Malang; Dina Limanto dari program KINERJA Asian Development Bank (ADB) dan HA. Suyuti, General Manager Jawa Pos Radar Bromo. Ada pula Puguh Dwi Tjahtjono, Ketua Forum CSR Provinsi Jawa Timur.

Dalam penganugerahan itu, ada sebanyak 8 penghargaan berupa tropi dan piagam yang diberikan kepada 12 perusahaan. Diantaranya, Adiniroga dengan kategori bidang tanggung jawab sosial kesehatan (Health responsibilty Award) dan Adiparahita dengan kategori bidang tanggung jawab sosial pengembangan ekonomi lokal (Local Economic Responsibility Award).

Kemudian, penghargaan Adinityasa dengan kategori bidang tanggung jawab sosial lingkungan hidup (Nature Responsibility Award) dan Adiniwasika dengan kategori bidang tanggung jawab tanggung jawab sosial pengentasan kemiskinan (Poverty Allevation Respnsibility Award) (selengkapnya lihat grafis).

Selain perusahaan yang mengikuti CSR Award, dalam penganugerahan itu, juga diberikan penghargaan berupa piagam atas kontribusi perusahaan selama ini melalui program CSR nya di Kabupaten Probolinggo. Piagam penghargaan itu, diberikan kepada 14 perusahaan.

Sebagai ajang silaturahim dan komunikasi, sebelum penganugerahan kemarin juga dilangsungkan sesi dialog Ada tiga narasumber dalam dialog tersebut. Yakni, Ir. Cipto Santosa, Dewan peryimbangan Kadin Kabupaten Probolinggo, Sugeng Nufindarko Ketua Forum CSR Kabupaten Probolinggo dan Bahtiar Fitanto.

Dalam dialog dengan tema “Peran CSR Dalam Mendukung Pembangunan Daerah Kabupaten Probolinggo itu, mereka berdiskusi langsung dengan para undangan. Bahkan, sejumlah pertanyaan dilontarkan, seperti oleh kepala DLH Kabupaten Probolinggo, Hasyim Ashari dan Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo, Dewi Korina. (uno/fun)