Pertimbangkan Galeri Produk IKM untuk Solusi Hadapi Dampak Jalan Tol

PENGARUHI PEREKONOMIAN: Pesepeda melintas di depan exit Jalan Tol Paspro di Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Adanya jalan tol ini berdampak pada perekonomian di Kota Probolinggo. (Foto: Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KANIGARAN, Radar Bromo – Menyediakan fasilitas pameran produk Industri Kecil Menengah (IKM) menjadi salah satu solusi untuk pengembangan produk IKM Kota Probolinggo. Terutama, menghadapi keberadaan jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) yang pembangunannya sudah rampung.

“Kami sedang mempertimbangkan adanya galeri bagi produk IKM. Galeri ini tempat untuk memamerkan produk IKM mulai dari batik serta berbagai produk IKM lain,” ujar Wakil Wali Kota Probolinggo Moch. Soufis Subri ketika membuka Pameran Batik dalam Festival Batik Kota Probolinggo di Jalan Panglima Sudirman, Minggu (17/11).

Subri menilai, keberadaan galeri IKM ini perlu dipersiapkan. Mengingat, sektor-sektor lain akan terdampak keberadaan tol. Seperti perhotelan dan rumah makan. “Dampak tol tidak hanya berpengaruh pada IKM di (Kelurahan) Ketapang. Tapi, imbasnya pada berbagai sektor, seperti perhotelan dan rumah makan. Rumah makan sudah banyak yang ekspansi dekat ke Leces saat ini,” ujarnya.

Sedangkan perhotelan, dengan adanya tol akan mempersingkat jarak tempuh dari kota seperti Surabaya menuju Gunung Bromo. Sehingga, wisatawan tidak lagi memerlukan tempat menginap di Kota Probolinggo. “Tapi, jangan menyerah dulu. Masih ada sektor lain yang bisa dikembangkan, salah satunya produk IKM. Perlu ada tempat khusus untuk memasarkan produk IKM Kota Probolinggo. Wisatawan yang tidak bisa menginap, bisa dialihkan membeli produk IKM,” ujar Subri.

Salah satu lokasi yang dipertimbangkan untuk menjadi galeri produk IKM adalah sebuah bangunan di dekat kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Probolinggo. “Lokasi yang sedang dipertimbangkan salah satunya di sebelah kantor Disbudpar. Lokasinya juga strategis,” ujarnya. (put/rud/fun)