Putri Indonesia Siap Pakai Busana Batik Probolinggo Malam Ini

KANIGARAN, Radar Bromo – Persiapan gelaran Festival Batik 2019 Kota Probolinggo, yang akan dihelat hari ini terus dimatangkan. Bahkan, Putri Indonesia 2018 Sonia Fergina, dipastikan akan menghadiri event gelaran Pemkot Probolinggo bersama Jawa Pos Radar Bromo ini.

Pada malam puncak Festival Batik, Sonia akan menggunakan busana dari bahan batik Kota Probolinggo. “Putri Indonesia 2018 akan tampil dalam malam puncak Festival Batik. Dia akan menggunakan busana batik khas Kota Probolinggo,” ujar Kepala Bidang Promosi Wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo, Suciati Ningsih.

Suci mengatakan, Festival Batik yang akan berlangsung hari ini terbuka untuk umum sejak pukul 08.00 sampai pukul 22.00. Ada berbagai kegiatan yang bisa disaksikan pengunjung. Seperti pameran batik produk IKM Kota Probolinggo. “Bagi masyarakat yang ingin belajar tentang batik, ada kegiatan edukasi batik. Bagi yang ingin berbelanja batik juga bisa, karena ada 20 IKM batik yang akan memamerkan produknya. Acara ini terbuka untuk umum,” ujarnya.

Festival ini dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin. Wali Kota juga akan meninjau langsung puluhan stand pembatik Kota Probolinggo. Selain pameran batik, juga ada kegiatan lomba fashion show batik dan lomba foto khusus pelajar.

Malam harinya, akan ada malam puncak Festival Batik 2019 yang juga akan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Probolinggo, Moch. Soufis Subri. Pada malam puncak ini, para desainer peserta lomba Desain Gaun Batik Pesta Muslimah. Dalam kesempatan ini, akan ditampilkan hasil karya para peserta lomba desain.

Nanti malam juga akan ada penobatan duta batik kecamatan se-Kota Probolinggo. Mereka akan bertugas mempromosikan batik khas masing-masing kecamatan. (put/rud)