Jaga Sportivitas, Cakades Deklarasi Siap Kalah-Menang

GRATI, Radar Bromo – Puluhan calon kepala desa dari empat kecamatan di wilayah timur Kabupaten Pasuruan, mendeklarasikan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dengan damai. Mereka juga mengumbar komitmen siap kalah dan siap menang berdasarkan hasil pemilihan yang digelar pekan depan.

Deklarasi itu disampaikan di Kantor Kecamatan Grati, beberapa waktu lalu. Calon kepala desa dari Kecamatan Grati, Rejoso, Lekok, dan Nguling, hadir dalam deklarasi tersebut. Termasuk tim pemenangan dan sejumlah pendukung masing-masing.

“Kami ingin adanya sportivitas dalam Pilkades serentak nanti. Mulai kampanye yang tetap mengedepankan etika hingga sikap legowo atas hasil pemilihan nanti. Pada tahapan Pilkades nanti, pasti ada yang terpilih dan ada juga yang tidak terpilih,” ujar Wakapolres Pasuruan Kota, Kompol Mario Prahatinto.

Masing-masing calon kepala desa dari empat kecamatan itu kemudian membacakan ikrar bersama-sama. Ada lima poin ikrar yang diucapkan. Setelah itu, masing-masing calon kepala desa membubuhkan tandatangannya dalam ikrar yang telah diucapkan.

Camat Grati Suhardi Irianto, berharap pelaksanaan Pilkades di empat kecamatan nantinya berjalan damai. Karenanya, pihaknya juga meminta semua panitia pelaksana bersikap netral dan menjalankan tugas sebagaimana aturan.

“Kami juga berharap untuk kades terpilih nanti untuk tidak mengungkapkan kegembiraan secara berlebihan. Akan lebih baik jika tenaga dan pikirannya disimpan lebih dulu untuk membangun desa ke depan, itu yang lebih penting,” ujar Suhardi. (tom/rud)