Mulai Bekali Patriot Desa Demi Gali Potensi Desa di Kab Probolinggo

KRAKSAAN, Radar Bromo – Begitu melakukan MoU dengan gerakan desa emas (GDE), Pemkab Probolinggo langsung bergerak demi mewujudkan Desa Entrepreneur, Mandiri, Adil, Sejahtera (EMAS). Pemkab langsung mengadakan workshop pengembangan desa emas bagi patriot desa Probolinggo. Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menggali Potensi Desa dengan merangkul semua lini, utamanya masyarakat desa.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Madakaripura Pemkab Probolinggo, mulai 15-17 November nanti. Acara workshop dihadiri Patriot Desa didampingi kepala desa dari 20 desa di Kabupaten Probolinggo. Masing-masing desa terdiri dari 3 patriot laki-laki dan 3 patriot perempuan.

BIAR PAHAM: Para Patriot Desa saat mengikuti workshop. (Foto: Jamal/Jawa Pos Radar Bromo)

Pembina Yayasan Desa Emas Indonesia Aries Muftie mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu kegiatan untuk memicu, supaya desa yang ada di Kabupaten Probolinggo menjadi lebih berkembang dan lebih maju. “Menjadi yang terbaik memang harus dimulai dari bawah, yakni dengan merangkul masyarakat dan pemuda desa. Aar berperan serta dalam pengembangan desa,” ujarnya.

Menurutnya, dalam pengembangan Desa EMAS ini, semua lini harus bahu-membahu untuk mewujudkan. Lini tersebut baik dari tingkatan kabupaten, kecamatan, dan yang paling penting adalah desa. “Para patriot yang dari semua lini inilah yang menentukan maju atau tidaknya sebuah potensi yang ada di desa. Nantinya yang mereka akan memanen hasilnya juga,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari mengatakan, desa-desa tersebut memiliki potensi baik sumber daya alam dan sumber daya manusia yang medukung. Mewujudkan Desa EMAS ini akan berdampak pada pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Workshop merupakan merupakan upaya untuk menemukan dan mengenali potensi desa. Harapannya, potensi tesebut dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat, kemajuan Kabupaten Probolinggo dimulai dari kemajuan desa,” ujarnya. (ar/fun)