Plotting Anggota Komisi dan AKD DPRD Kota Pasuruan Akhirnya Tuntas, Begini Komposisinya

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Kota Pasuruan akhirnya tuntas. Itu, setelah beberapa kali digelar rapat internal yang cukup panjang dan beberapa kali alot. Kini, plotting anggota tiap fraksi ke tiga komisi yang ada telah mencapai sepakat.

Sebelumnya, usulan fraksi tentang pendistribusian anggota masing-masing ke tiga komisi, tak seimbang. Pembahasan pun sempat berlangsung alot. Sebab, komisi 3 menjadi satu-satunya komisi dengan distribusi anggota paling sedikit.

DPRD kemudian menggelar rapat internal Kamis (14/11). Hasilnya, distribusi anggota fraksi ke masing-masing komisi telah merata. Yaitu, ada sembilan anggota setiap komisi.

“Tadi pagi sudah disahkan. Usulan dari fraksi-fraksi sudah proporsional sesuai dengan tatib,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan Dedy Tjahjo Poernomo.

Untuk komisi 1, tiga anggota dari Fraksi Amanat Pembangunan, Gerindra, dan Keadilan Sejahtera. Kemudian masing-masing dua anggota dari Fraksi HNP (Hanura-Nasdem-PDIP), Golkar, dan Kebangkitan Bangsa.

Di komisi 2, ada dua anggota Fraksi Golkar, tiga anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa. Lalu, masing-masing seorang anggota dari Fraksi Amanat Pembangunan, Gerindra, Keadilan Sejahtera, dan HNP.

Sementara komisi 3, masing-masing seorang anggota dari Fraksi Amanat Pembangunan, Gerindra, Keadilan Sejahtera, HNP. Kemudian masing-masing dua anggota dari Fraksi Golkar dan Kebangkitan Bangsa.

Kendati demikian, pembentukan komisi itu tak sekaligus menentukan pimpinan tiap komisi. Kata Dedy, pihaknya kini memberi waktu pada masing-masing komisi untuk penentuan pimpinan komisi. Mulai dari ketua, wakil ketua, dan sekretaris komisi.

“Penentuan pimpinan itu, sesuai dengan tatib, dilakukan oleh anggota komisi dan dilaporkan ke pimpinan dewan,” bebernya.

Ia berharap, tiga komisi bisa segera melaporkan nama-nama pimpinan komisi. Dengan begitu, kinerja komisi akan lebih maksimal.

“Pembentukan AKD ini juga bagian dari upaya kami agar kami bisa segera bekerja, roda pemerintahan tak terganggu,” pungkasnya. (tom/fun)