Perbaikan Kerusakan Jalan Ngembal-Sumberpitu Tunggu Tahun Depan

PANDAAN, Radar Bromo – Kondisi Jalan Kabupaten Pasuruan antara Desa Ngembal dengan Desa Sumberpitu, Kecamatan Tutur, sering dikeluhkan warga. Sebab, jalan yang menjadi akses wisata Nongkojajar dan Gunung Bromo rusak.

Selain bergelombang, juga banyak jalan yang sudah berlubang. Kerusakannya juga sudah lama, sekitar tiga tahun dan sejauh ini belum diperbaiki. “Rusak dan berlubangnya karena tergerus hujan. Juga tidak adanya drainase. Kasihan warga serta para pengguna jalan, sudah saatnya diperbaiki. Minimal ditambal daripada tidak sama sekali,” ujar warga Desa Ngembal, Latih, 38.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, melintas di jalan ini cukup menguras tenaga. Sebab, kerusakan jalan cukup panjang, mencapai sekitar tiga kilometer. Karenanya, ketika melintas di jalan selebar lima meter ini harus ekstra hati-hati. “Banyak pengguna jalan yang sudah jatuh. Umumnya pengendara motor dan berasal dari luar daerah. Baik yang berangkat atau pulang dari Nongkojajar dan Bromo via Ngembal,” ujar Latih.

Kerusakan jalan ini sudah masuk dalam catatan Dinas Bina Marga Kabupaten Pasuruan. Bahkan, sudah direncanakan untuk diperbaiki. Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka mengatakan perbaikannya akan diprioritaskan pada tahun depan.

“Nanti akan diperbaiki dengan hotmix. Realisasinya akan kami prioritaskan tahun depan. Sekarang perbaikan dilakukan di Semut-Ngembal dulu sepanjang satu kilometer dan sudah rampung,” ujarnya melalui sambungan telepon, Kamis (14/11). (zal/rud/fun)