Penilaian Juri Lomba Toilet Bersih Selesai, Masih Temukan Instalasi Listrik di Dalam Toilet Peserta

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Juri Lomba Toilet Bersih 2019 masih tetap melakukan kunjungan. Kamis (14/11), kunjungan sekaligus penilaian dilakukan di tujuh peserta. Ketujuh peserta tersebut merupakan lokasi penilaian terakhir.

Penilaian juri sejatinya diperkirakan selesai hari ini (15/11). Lantaran semua peserta sudah dikunjungi, maka penilaian dinyatakan selesai. Sehingga total ada 76 peserta yang sudah dikunjungi. “Untuk 7 peserta yang tadi (Kamis, Red) didatangi adalah lokasi penilaian terakhir,” ujar Ikhsan Mahmudi, salah satu Juri.

Lokasi terakhir yang dikunjungi adalah Lab Kesehatan Daerah (Labkesda), Kelurahan Sumberwetan, Kelurahan Pohsangit Kidul, Kelurahan Sumber Wetan, Kelurahan Kareng Lor, Kelurahan Triwung Kidul, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Dinas Kesehatan Kota Probolinggo.

Ikhsan sapaan akrabnya menjelaskan, target penilaian juri, tidak disangka. “Sebab, sehari bisa menilai 30 peserta yang awalnya kami fikir hanya bisa menilai 15 peserta tiap harinya. Sehingga, selesainya cepat,” ujarnya.

Kedatangan para juri dilakukan sekitar pukul 12.00 hingga 15.00 sampai pada penilaian di Dinas Kesehatan. “Penyelenggara Lomba Toilet Bersih ini juga masuk dalam penilaian. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana toilet milik perancang lomba. Ternyata toilet milik Dinkes memang bagus,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan juri lainnya, Fatkur Hadi Susanto. Dia mengatakan, Dinkes selaku penyelenggara juga memiliki salon toilet atau penjual jual jasa pembersih toilet. “Kebetulan saat kami ke sana, penjual jasa ini ada disana,” ujarnya.

Di sisi lain, juri juga menemukan masih ada toilet yang mengancam keamanan pengguna. Misalnya seperti penilaian sebelumnya, masih ditemukan ada instalasi listrik di dalam toilet. Bahkan pompa airnya juga ada yang di dalam. Padahal itu membahayakan.

Penilaian yang dilakukan di ketujuh peserta itu dilanjut pada pemilihan 20 nominasi. setelah itu dilanjut dengan penetapan 5 pemenang. (mg1/fun)