Listrik Kerap Padam, Ini Sorotan DPRD Kab Probolinggo

SUMBERASIH, Radar Bromo – Seringnya listrik padam di Kabupaten Probolinggo, juga menjadi perhatian DPRD Kabupaten Probolinggo. Bahkan, masalah ini disampaikan dalam Rapat Paripurna Penyampaian Akhir Fraksi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD 2020, Selasa (12/11).

Enam fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo (PDIP, Nasdem, Golkar, Gerindra, PKB, dan PPP) kompak menyoroti sering terjadi pemadaman listrik. Karenanya, para wakil rakyat itu meminta Pemkab Probolinggo proaktif berkomunikasi dengan pihak terkait, sehingga tidak merugikan masyarakat.

Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo mengatakan pendapat para fraksi akan segera ditindaklanjuti. Menurutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil pihak-pihak terkait untuk membahas permasalah tersebut.

“Itu, memang menjadi keresahan masyarakat. Karena itu, dalam waktu dekat kami akan memanggil pihak-pihak terkait dan akan membahasnya bersama,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Bromo, usai paripurna.

Menurutnya, selama ini memang sering terjadi pemadaman listrik di daerahnya, meski tidak serentak. Pihaknya berharap pemkab segera bertindak. “Nanti bersama-sama akan kami bahas,” ujar politisi Nasdem ini.

Hal senada diutarakan Wakil Bupati Timbul Prihanjoko. Menurutnya, sudah ada kesepakatan dengan DPRD akan ada pembicaraan mengenai pemadaman listrik. Tujuannya, mencari solusi dan mengetahui akar permasalahannya. “Sudah disepakati. Kapan akan dilakukan pembahasan mengenai itu,” ujarnya.

Sementara itu, Manajer ULT PLN Kraksaan Muhammad Syafi’i mengaku menyambut baik akan adanya pertemuan dengan Pemkab dan DPRD. Ia mengaku, pihaknya memang butuh dukungan dari pemerintah daerah.

Menurutnya, mengenai aliran listrik yang sering padam, 60 persen diakibatkan pepohonan milik masyarakat. “Itu, nanti akan kami paparkan. Soalnya kami kesulitan izin ketika hendak memotong pohon yang sering mengakibatkan listrik padam,” ujarnya.

Namun, ia meminta dewan memaparkan daerah mana saja yang sering padam. Sebab, di Kabupaten Probolinggo ada dua unit. Yaitu, Unit Kota Probolinggo dan Unit Kraksaan. “Jelaskan dulu daerah mana yang sering padam. Di sini kan ada dua unit,” ujarnya. (sid/rud)