Gagal Gondol Ayam di Kademangan, Pencuri Malah Tinggalkan Motor

KADEMANGAN, Radar Bromo – Aksi pencuri ayam di Kelurahan/Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, berhasil digagalkan korban, Santoso, 45. Bahkan, pelaku yang panik memilih kabur meninggalkan motornya berupa Honda Beat bernopol N 5246 NG.

Rabu pagi (13/11), pencuri ayam jago jenis bangkok itu beraksi di RT 1/RW 1, Kelurahan/Kecamatan Kademangan. Santoso mengatakan, semula sekitar pukul 09.00, pihaknya hendak mandi. Namun, mendadak mendengar suara aneh ayamnya. Suara ayamnya seperti tersendat.

“Setahun lalu ayam bangkok saya seharga Rp 2 juta juga dicuri di kandangnya, sehingga mendengar suara itu saya langsung keluar,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Bromo.

Rupanya, kecurigaannya benar. Ada seorang pria dengan membawa karung menangkap ayamnya. Meski hanya mengenakan handuk, Santoso berusaha menangkap pelaku. “Jadi, dia (pelaku) tertangkap oleh saya. Dia memegang ayam saya,” jelasnya.

Ketika tertangkap, menurut Santoso, pelaku sempat menyatakan aman. Karena tetap dipegangi, pelaku berusaha memukul korban. “Dia (pelaku) dengan santai bilang aman-aman. Lah aman bagaimanan, wong BB-nya itu milik saya dan sudah tertangkap basah. Jadi, tetap saya pegang. Karena tidak terima, dia mau memukul, jadi saya banting,” ujarnya.

Saat kejadian tidak ada warga. Hanya istri korban yang berlari berusaha memasangkan handuk untuk menutupi tubuh korban. Sebab, handuknya terjatuh saat korban berkelahi dengan pelaku.

Ketika itu, pelaku yang seorang diri itu kembali berusaha kabur menggunakan sepeda motornya. Syukur, korban berhasil memegang dan kembali membantingnya. “Saya khawatir kontaknya bisa di-on-kan dan lari, sehingga saya kejar dan saya banting lagi beserta motornya terjatuh,” ujarnya.

Namun, kali ini pelaku berhasil kabur ke barat. Dia meninggalkan motornya. “Saya tidak kenal pelakunya. Yang jelas sambil melarikan diri, dia teriak kalak tang motor lah (ambil motor saya sudah),” ujar Santoso.

Usai kejadian, korban langsung menghubungi kepolisian. Tak lama kemudian, Babinsa dan anggota Polsek Kademangan tiba di lokasi. Ketika diperiksa, ternyata jok motor pelaku berisi satu ayam jago. “Ayam yang di jok motor pelaku itu milik Pak Jimin, tetangga sebelah. Jadi, polisi mengembalikan ayamnya, termasuk ayam saya. Dan membawa motor Honda Beat milik pelaku untuk diperiksa,” jelasnya.

Kapolsek Kademangan Kompol Toyib Subur mengaku masih menyelidiki kasus ini. “Masih kami selidiki. Termasuk memeriksa kendaraan tersebut, khawatir barang itu juga hasil curian,” ujarnya. (rpd/rud)