Rekrutmen CPNS di Pemkab Probolinggo Didominasi Tenaga Kesehatan

DRINGU, Radar Bromo – Pemkab Probolinggo telah mengumumkan rekrutmen CPNS 2019. Tahun ini Kabupaten Probolinggo mendapat kuota 399 lowongan CPNS. Dari ratusan kuota itu, didominasi tenaga kesehatan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan rekrutmen CPNS serentak diumumkan hari ini se-Indonesia. Rekrutmen diumumkan langsung oleh Kemenpan-RB. Namun, daerah tetap ikut membantu menyosialisasikan dan mengumumkannya. “Kami sudah umumkan di website Pemkab Probolinggo dan BKD Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Dari data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, dari 399 kuota CPNS di Kabupaten Probolinggo, ada 10 formasi khusus dan 389 formasi umum. Formasi khusus, formasi cumlaude, dan formasi disabilitas. Sedangkan, formasi umum untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

“Paling banyak kuota CPNS untuk formasi tenaga kesehatan sebanyak 254 kuota. Urutan kedua tenaga pendidik sebanyak 111 kuota dan terakhir tenaga teknis 12 kuota,” ujar Yulius.

Dengan adanya rekrutmen CPNS, Yulius berharap bisa menutupi sebagian kekurangan PNS di lingkungan Pemkab Probolinggo. Meski kebutuhan PNS mencapai ribuan. “Sekarang masih tahap pengumuman. Untuk teknis pendaftaran dan tahapan selanjutnya akan diumumkan kembali sesuai kebijakan dari Pusat,” ujarnya. (mas/rud/fun)