Dermaga Apung di Ranu Grati Senilai Rp 650 Juta Mulai Difungsikan

GRATI, Radar Bromo – Pembangunan dermaga apung di Danau Ranu Grati dipastikan sudah selesai. Pembangunan dari anggaran pusat ini bahkan sudah mulai difungsikan dan diharapkan bisa meningkatkan tambahan pengunjung ke Danau Ranu Grati.

Gunawan Wicaksono, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa pembangunan dermaga apung sudah 100 persen selesai pada awal November ini. “Untuk pembangunan fisik sudah 100 persen selesai. Mulai minggu ini sudah dimanfaatkan oleh wisatawan yang datang,” terangnya.

Dermaga apung kini juga sudah dijadikan tempat memancing bagi wisatawan. Termasuk untuk sandaran perahu dan bisa sebagai tempat turun wisatawan. Pembangunan dermaga apung ini memang sebagai tambahan sarpras untuk fasilitas Danau Ranu Grati sebagai penunjang wisata di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Gunawan menambahkan, Danau Ranu Grati selama ini memang mayoritas dimanfaatkan sebagai tempat memancing. “Mayoritas yang datang ke Danau Ranu Grati masih untuk memancing. Kami harapkan dengan fasilitas baru ini, bisa mendongkrak kunjungan kesana. Sebagai wisata keluarga baik naik perahu ataupun untuk hiburan dan selfie,” terangnya.

Anggaran pembangunan dermaga apung ini adalah dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari dana penugasan sebesar Rp 650 juta. Setelah mulai dibangun Agustus lalu dan selesai pada awal November kemarin.

Walau ada tambahan fasilitas, tiket masuk ke Ranu Grati tak berubah karena masih Rp 2.500 per orang. Sampai Oktober kemarin penerimaan retribusi Danau Ranu Grati mencapai Rp 28,979 juta atau 96 persen dari target Rp 30 juta di tahun ini. (eka/fun)