750 Calon Kades di Kab Pasuruan Sepakat Pilkades Digelar dengan Damai

BANGIL, Radar Bromo – Sebanyak 750 calon kepala desa (cakades) dari 240 desa di Kabupaten Pasuruan, berkumpul Senin (11/11). Para peserta Pilkades Serentak Kabupaten Pasuruan tahun 2019 itu sepakat untuk menggelar Pilkades secara damai pada 23 November nanti.

Acara itu digelar dalam bentuk apel dan deklarasi damai di GOR Sasana Krida Anoraga, Desa Raci, Kecamatan Bangil. Juga ada pernyataan sikap siap kalah dan siap menang dari para cakades.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf yang hadir dalam acara itu menguraikan, risiko kerawanan terus ditekan dalam pelaksanaan Pilkades serentak. Salah satu bentuknya, menggelar apel dan deklarasi damai yang dilakukan Senin (11/11).

“Kami mengundang para calon kepala desa untuk mengikuti deklarasi damai. Harapan kami, semuanya bisa saling menjaga agar pelaksanaan pilkades berjalan aman dan lancar,” tuturnya.

Kelancarasan Pilkades Serentak 2019 itu, juga akan didukung oleh pengamanan ribuan personel kepolisian. Tujuannya, untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan selama penyelenggaraan pilkades serentak.

Kabag PPS Polres Pasuruan AKBP Subadar menegaskan, Polres Pasuruan tak ingin kecolongan dalam pelaksanaan Pilkades.

Memang, risiko kerusuhan ataupun tindak kriminal Pilkades kecil. Namun, antisipasi untuk menjaga kondusivitas pilkades akan dilakukan secara maksimal. Apalagi, pilkades serentak tahun ini akan digelar di 240 desa.

“Secara keseluruhan, wilayah Kabupaten Pasuruan relatif aman. Memang sempat ada beberapa kejadian. Tapi, kami rasa masih kondusif,” tambahnya.

Setidaknya, ada 1.404 personel kepolisian yang akan dikerahkan Polres Pasuruan selama penyelenggaraan pilkades serentak di 240 desa. Jumlah tersebut belum termasuk anggota Brimob, TNI, dan Satpol PP Kabupaten Pasuruan.

Ia menegaskan, ribuan personel kepolisian yang disiapkan Polres Pasuruan itu, tidak hanya dari dari Polres Pasuruan. Tetapi, juga BKO dari sejumlah Polres di wilayah Jatim.

“Ada BKO dari Jombang, Kediri, dan belasan Polres lainnya. Kami akan mengoptimalkan pengamanan,” ulasnya.

Pengamanan tersebut, tidak hanya diberlakukan di setiap TPS. Tetapi, juga ada beberapa pola pengamanan. Seperti kegiatan patroli. (one/hn/fun)