Rencana Naikkan Gaji Jukir di Kota Probolinggo Tahun Depan, Besarannya Segini

ATUR KENDARAAN: Salah satu petugas parkir di jalan Panglima Sudirman saat bertugas. Saat ini jukir di Kota Probolinggo mendapat honor Rp 500 ribu perbulan. (Foto: Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KANIGARAN, Radar Bromo – Dinas Perhubungan Kota Probolinggo berencana untuk menaikkan gaji juru parkir (jukir) di Kota Probolinggo. Kenaikan itu rencananya dilakukan tahun 2020.

Nilai kenaikannya juga cukup signifikan karena mencapai 40 persen. Dengan begitu, jukir di Kota Probolinggo bisa membawa honor Rp 700 ribu tiap bulan bulan.

Rencana kenaikan tersebut diungkapkan Purwantoro Novianto, Kabid Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Probolinggo Jumat (8/11). “Jika disetujui oleh DPRD, rencananya tahun depan gaji jukir dinaikkan menajdi Rp 700 ribu per bulan,” ujarnya.

Gaji jukir telah mengalami peningkatan dibandingkan 2 tahun terakhir. Pada tahun 2018, setiap bulan jukir hanya mendapatkan penghasilan Rp 400 ribu per bulan.

“Kemudian tahun 2019 jadi Rp 500 ribu per bulan. Tahun depan direncanakan Rp 700 ribu,” ujarnya.

Total jukir di Kota Probolinggo mencapai 190 orang. Selain meningkatkan honor jukir, Dinas Perhubungan juga memberikan bimbingan teknis terhadap juru parkir.

“Tahun ini ada 120 jukir yang mendapatkan bimtek, sisanya tahun depan. Bimtek ini untuk meningkatkan kapasitas jukir saat bekerja,” ujarnya.

Misalnya dalam hal pemberian karcis parkir bagi kendaraan dengan nopol dari Luar Kota/Kabupaten Probolinggo. Serta Pencatatan pembayaran parkir yang dilakukan oleh jukir. (put/fun)