Rehab Balai Desa di Kab Pasuruan Ditambah Rp 2,8 M di P-APBD

BANGIL, Radar Bromo – Jumlah kantor desa dan dusun yang akan dibenahi Pemkab Pasuruan bakal bertambah. Penambahan itu dilakukan seiring dengan masih banyaknya kantor-kantor desa dan dusun yang membutuhkan penanganan.

Terlebih lagi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan mendapatkan tambahan sokongan dana untuk rehab tersebut melalui APBD Perubahan 2019. Setidaknya, ada tambahan kurang lebih 30 kantor desa dan dusun yang akan dibenahi.

Kepala Bidang Bina Keuangan dan Pelayanan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan Ismiati menguraikan, tambahan itu diambilkan dari Perubahan APBD (P-APBD) 2019.

Sebelumnya, Pemkab mengalokasikan dana hingga Rp 10 miliar melalui APBD induk. Besaran anggaran tersebut untuk membenahi setidaknya 90 kantor desa dan dusun di wilayah Kabupaten Pasuruan. “Tapi, dalam APBD Perubahan, ada kenaikan anggaran untuk rehab kantor desa dan dusun,” sampainya.

Penambahan yang dialokasikan mencapai Rp 2,8 miliar. Dana itu dipergunakan untuk membenahi setidaknya 30 kantor desa atau dusun.

Sehingga, total anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 12,8 miliar. Total ada 120 kantor desa dan dusun yang akan direhab. Menurut Ismiati, rehab kantor desa dan dusun melalui APBD induk mulai berjalan. Bahkan, hampir 70 kantor desa dan dusun tersebut sudah dibenahi.

Sementara untuk yang melalui APBD Perubahan, masih dalam proses pengajuan SK Bupati. “Prosesnya sedang berjalan. Untuk yang melalui APBD induk sebagian besar sudah dalam pengerjaan,” urainya.

Seperti yang disampaikan Ismiati, rehab kantor desa itu bukan tanpa alasan. Langkah ini dilakukan untuk menjadikan kantor desa dan dusun lebih representatif. Karena di wilayah Kabupaten Pasuruan, masih banyak kantor desa dan dusun yang membutuhkan penanganan. Baik pembenahan atapnya, lantainya, maupun bagian lain.

Sementara, pemerintah desa belum bisa membenahi karena anggaran DD, tidak bisa digunakan untuk rehab kantor desa ataupun dusun. (one/mie)