Kota Probolinggo Resmi Miliki Komunitas Jantung Sehat PCC

MAYANGAN, Radar Bromo – Selain Prodity, satu lagi komunitas baru di Kota Probolinggo. Namanya, Probolinggo Cardiovascular Community (PCC). Komunitas jantung sehat ini baru dikukuhkan oleh Wali Kota Probolinggo melalui Asisten Pemerintahan Ir. Gogol Sudjarwo M.Si, Rabu (30/10).

Latar belakang PCC dibentuk karena penyakit jantung adalah penyakit mematikan nomor satu di dunia. Bahkan, di Indonesia insiden kematian mendadak adalah salah satu kejadian yang sering ditemukan pada pasien dengan penyakit jantung. Berdasarkan Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT), kontribusinya sekitar 19,8 persen dari seluruh penyebab kematian di Indonesia.

“Atas dasar itulah, praktisi kardiologi RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo bersama PKRS RSUD Kota Probolinggo membentuk komunitas jantung sehat Kota Probolinggo, yang disingkat PCC. Tujuannya, mengajak anggota komunitas meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang kesehatan jantung. Sehingga, kualitas hidup meningkat dan berperan aktif dalam lingkungan di sekitarnya,” ungkap drg. Rubiyati, M.MKes.

BERKUALITAS: Diagendakan rutin dua bulan sekali, anggota Prodity selalu antusias mengikuti setiap kegiatan komunitas “Menjadi Pribadi Berkualitas dan Mandiri.”

 

Pagi itu, pengukuhan PCC digelar di halaman depan RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo. Ada pelayanan kesehatan gratis, bazar makanan dan minuman sehat, hingga sayuran segar. Usai seremonial pengukuhan, ada talk show seputar bahaya penyakit jantung, sekaligus pencegahan dan pengobatannya.

Talk show menghadirkan dr. Trinandika Ardhana, Sp.Jk (K) FIHA FASCC dan dr. Rahmania Sp.J. keduanya sama-sama dokter dari RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo. Seperti yang dijelaskan dalam talk show, mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Hentikan kebiasaan merokok sekarang juga.

Para narasumber ini juga menyebut beberapa hal yang wajib diperhatikan. Pertama, lakukan pemeriksaan jantung secara berkala. Sebab, penyakit jantung banyak terjadi pada penderita yang selama ini mengira tubuhnya sehat.

TALK SHOW: Talk show seputar penyakit jantung, pencegahan, penanganan, hingga pengobatannya diulas tuntas memperkaya pengetahuan anggota PCC yang hadir pagi itu.

 

Kedua, ubah perilaku tidak sehat menjadi perilaku sehat. Seperti mengurangi kebiasaan merokok dan berusahalah memiliki dokter langganan untuk memeriksakan kondisi jantung secara berkala.

Ketiga, olahraga dan beraktivitas fisik secara teratur untuk menjaga kesehatan jantung dan mempertahankan berat badan ideal. Dan keempat, konsumsi makanan sehat bagi jantung dan perbanyak konsumsi buah dan sayur, batasi konsumsi garam dan minum air putih yang cukup.

“Dengan dikukuhkannya PCC, kami berharap komunitas ini dapat meningkatkan pengetahuan bagi penderita jantung maupun keluarga tentang apa itu penyakit jantung, bagaimana cara mengatasinya, dan yang lebih penting lagi, edukasi bagi keluarga lainnya agar tidak mengalami hal serupa dengan cara pencegahannya,” ungkap Ir. Gogol. (*/el)