Ajak Khalayak Mengenal Cukai lewat Jalan Sehat Stop Rokok Ilegal

PASURUAN, Radar Bromo – Tinggal sepekan lagi event Jalan Sehat Stop Rokok Ilegal bakal digelar. Event kerja bareng Pemkab Pasuruan bersama Jawa Pos Radar Bromo tersebut akan diikuti banyak peserta. Puluhan ribu kupon beserta hadiah menarik juga sudah disiapkan panitia.

Jalan sehat yang akan dilaksanakan di Helipad PT Trisakti Purwosari Makmur, Purwosari, 16 November mendatang itu, juga akan menjadi ajang “kampanye” bagi Pemkab Pasuruan. Di antaranya, mengajak khalayak untuk mengenal dan mengetahui apa itu cukai rokok.

Banyaknya massa yang akan terlibat, menjadi sasaran Pemkab Pasuruan untuk mengenalkan cukai. “Sesuai dengan Permenkeu No. 222/PMK.07/2017 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau pada pasal 2 ayat 1 huruf e bahwa dana bagi hasil cukai dan tembakau (DBHCHT) digunakan untuk mendanai program yang salah satunya adalah sosialisasi ketentuan di bidang cukai,” beber Sulhi, kasi kerja sama dan Plt Kasi Opdal Satpol PP Kabupaten Pasuruan.

Satpol PP yang menjadi leading sector di Jalan Sehat ini, juga punya peran penting untuk menyampaikan perihal cukai. Program Satpol PP sebagaimana tertuang dalam dokumen pelaksanaan perubahan anggaran tahun 2019 melalui kegiatan penyampaian Informasi Ketentuan Peraturan Perundang-undangan di Bidang Cukai, harus ikut menyosialisasikan kepada masyarakat atau pemangku kepentingan.

“Kegiatan Jalan Sehat Stop Rokok Ilegal ini memiliki manfaat yang cukup besar. Melalui sosialisasi dengan metode interaksi langsung kepada masyarakat di panggung terbuka, dapat lebih efektif memberikan pemahaman serta pengetahuan tentang ketentuan-ketentuan di bidang cukai,” terang Sulhi.

Di event Jalan Sehat Stop Rokok Ilegal, akan berisi olahraga dan edukasi. Panitia bakal menyiapkan puluhan ribu kupon secara gratis kepada peserta yang nantinya akan diundi untuk mendapatkan ratusan hadiah menarik.

Mulai sepeda gunung, handphone, televisi LED, mesin cuci, kulkas, dan alat elektronik lainnya. Hadiah utamanya yaitu sepeda motor. (fun)