Awas! Sambungan Pelat Jembatan Ambles Bahayakan Pengendara

PURWOSARI, Radar Bromo – Pengguna jalan khususnya pengendara motor, harus ekstra hati-hati saat melintas di atas jembatan jalan nasional di Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari. Penyebabnya, ada sambungan pelat di atas jembatan jalan nasional tersebut mengalami ambles.

Amblesnya pelat jembatan tersebut berada di lajur kanan atau cepat. Lantaran berada di jalan nasional atau di jalur Surabaya-Malang, pengendara harus hati-hati karena jalur ini padat akan kendaraan.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, amblesnya pelat jembatan mengakibatkan adanya retakan sehingga nampak berlubang. Apabila dilewati pengendara motor yang kurang hati-hati, maka bisa saja roda masuk.

Sudah ada beberapa insiden, yakni pengendara terjatuh dengan sendirinya. Itu diakibatkan roda motor selip pada sambungan pelat jembatan yang ambles.

“Badan jalannya sedikit ambles juga berlubang kecil dan sekaligus agak memanjang tersebut, bukan karena terjadi sleding. Tapi sambungan pelat jembatannya mengalami ambles,” ucap kaur tata usaha BBPJN VIII Surabaya Daniel Richard.

Agar tidak membahayakan pengguna jalan, khususnya pengendara motor, pelat nya harus dilepas. Kemudian diganti dengan yang baru yang lebih kuat.

Kejadian tersebut ia sebut merupakan hal yang wajar, karena tiap harinya dilintasi kendaraan dengan tonase berat. Kasus serupa seringkali dijumpai di jembatan nasional, juga jembatan lainnya seperti jalan kabupaten dan provinsi imbuhnya.

“Kami sudah melakukan pengecekan di lapangan, juga telah menginfokan ke kontraktor agar secepatnya diperbaiki. Sebelum akhir tahun ini harus selesai. Kini tinggal nunggu penanganannya saja,” tukasnya. (zal/fun)