Duh, Masih Ada Sekitar 80 Ribu KK di Kab Pasuruan Belum Miliki Jamban

BANGIL, Radar Bromo – Upaya memerangi buang air besar (BAB) sembarangan di Kabupaten Pasuruan terus dilakukan. Salah satunya, dengan mendorong warga memiliki jamban di rumahnya masing-masing yang terus dilakukan Pemkab Pasuruan.

Kepala Bidang Pengembangan Air Bersih dan Limbah Lingkungaan Permukiman Dinas PU Perumahan dan Kawasan Permukiman Ichwan Adi menjelaskan, ada setidaknya 80 ribu kepala keluarga yang belum memiliki jamban saat ini. Padahal, jamban merupakan salah satu kebutuhan dalam mewujudkan hidup sehat di tengah masyarakat.

“Karena itulah, support kepemilikan jamban bagi masyarakat akan terus kami lakukan. Tujuannya, untuk menciptakan lingkungan sehat dan mewujudkan program tidak buang air besar sembarangan,” terangnya.

Menurutnya, tahun ini sebanyak 2.780 jamban direalisasikan Pemkab. Bentuknya dengan support material untuk membantu masyarakat dalam kepemilikan jamban.

“Distribusi material jamban itu sudah kami realisasikan. Tinggal sekarang pelaksanaannya oleh penerima bantuan,” imbuhnya.

Program bangun jamban, dikatakan Ichwan Adi, tidak hanya berhenti di situ. Karena rencananya, program serupa akan direalisasikan tahun depan. Bahkan, diupayakan lebih meningkat dibandingkan 2019.

Setidaknya, ada 5 ribu jamban yang akan direalisasikan. “Kami rencanakan jumlah penerima bantuan material jamban bisa ditingkatkan. Paling tidak, bisa mencapai 5 ribu penerima. Supaya, makin banyak warga yang memiliki jamban,” jelasnya. (one/mie)