Bappeda Litbang Pemkot Probolinggo Gelar Diseminasi SDG’s

DISEMINASI: Pemkot Probolinggo melalui Bappeda Litbang menggelar Diseminasi SDG’s di Orin Hall & Resto, Jalan Panjaitan, Kota Probolinggo, Senin (4/11). Diseminasi dibuka oleh Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo Rey Suwigtyo, S.Sos., M.Si. (dua dari kiri).

Related Post

MAYANGAN, Radar Bromo – Pemkot Probolinggo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) menggelar Diseminasi Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goal’s (TPB/SDG’s) di Kota Probolinggo. Senin (4/11), diseminasi digelar di Orin Hall & Resto, Jalan Panjaitan, Kota Probolinggo. Dalam diseminasi ini disampaikan hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan SDG’s Tahun 2018 Kota Probolinggo.

LAPORAN: Ketua panitia kegiatan sekaligus Kepala Bidang Ekonomi, Pembangunan, Sosial, dan Budaya, Bappeda Litbang Kota Probolinggo Dwi Agustin Puji Rahaju, S.Sos., M.Si. saat menyampaikan laporan kegiatan.

 

Ketua panitia kegiatan sekaligus Kepala Bidang Ekonomi, Pembangunan, Sosial, dan Budaya, Bappeda Litbang Kota Probolinggo Dwi Agustin Puji Rahaju S.Sos., M.Si. mengatakan selain penyampaian hasil monitoring dan evaluasi, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan komitmen dalam pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Itulah mengapa kami mengundang seluruh komponen masyarakat Kota Probolinggo yang menjadi bagian dari pembangunan berkelanjutan di Kota Probolinggo. Ada perangkat daerah, instansi vertikal, parlemen, stakeholder, akademisi, pelaku usaha, lembaga masyarakat, media, dan masyarakat,” ujar perempuan yang biasa disapa Yayuk ini.

PAKARNYA: Pakarnya SDG’s Indonesia Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, M.Si. dari SDG’s Center Universitas Jember sebagai narasumber.

 

Dalam Diseminasi kali ini, Bappeda Litbang menghadirkan pakarnya SDG’s Indonesia, Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, M.Si. dari SDG’s Center Universitas Jember sebagai narasumber. Ada juga narasumber dari Bappeda Litbang Provinsi Jawa Timur.

Dalam diseminasi ini juga disampaikan pilihan strategis untuk peningkatan capaikan SDG’s pada tahun berikutnya. Serta, mempersiapkan agenda penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) TPB/SDG’s 2010-2024 dan pemasyarakatan SDG’s di tingkat kecamatan maupun kelurahan di Kota Probolinggo.

KOORDINASI: Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo Rey Suwigtyo, S.Sos., M.Si. berharap Diseminasi DSG’s tersebut mampu menguatkan komitmen bersama dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Kota Probolinggo.

 

Dalam sambutannya, Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo Rey Suwigtyo, S.Sos., M.Si. menyinggung kiprah SDG’s yang telah menjadi isu seluruh belahan dunia. Menurutnya, pada 2015 lalu, Millenial Development Goal’s (MDG’s) dengan 8 tujuan dan 18 target telah berakhir.

“Namun, rencana aksi bagi keberlangsungan hidup manusia di bumi dan kesejahteraannya kemudian dilanjut dengan nama Sustainable Development Goal’s (SDG’s) yang disepakati oleh PBB pada September 2017 dan menghasilkan 17 tujuan, 169 target, dan 241 indikator yang tak terpisahkan satu dengan lainnya,” ujarnya.

Dalam upaya implementasi pencapaian SDG’s, Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya membuat regulasi. Yakni, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59/2017 tentang Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Perpres ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Indonesia dalam melaksanakan pencapaian pembangunan berkelanjutan yang diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Sementara di daerah, termasuk di Kota Probolinggo, SDG’s diselaraskan dengan RPJPD dan RPJMD dengan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Di antaranya, meningkatkan kesejahteraan ekonomi, keberlanjutan kehidupan sosial, kualitas lingkungan hidup, dan pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola.

RATUSAN: Ratusan peserta diseminasi dari berbagai kalangan masyarakat ini mendapatkan informasi hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan SDG’s Tahun 2018 Kota Probolinggo.

 

“Indikator SDG’s sebagian besar sudah dilakukan oleh OPD yang tercantum pada note map SDG’s kota Probolinggo 2018-2019 dan telah ditetapkan dalam Perwali Nomor 86/2019 tentang Rencana Aksi Daerah (RAD) tujuan pembangunan berkelanjutan Kota Probolinggo 2018-2019,” ujar Rey Suwigtyo didampingi Dwi Agustin.

Komitmen Pemkot Probolinggo terhadap SDG’s, diakui Rey, diimplementasikan pada beberapa hal. Seperti, mengintegrasikan SDG’s terhadap dokumen perencanaan, ada pemantauan terhadap kegiatan yang mendukung SDG’s, hingga melakukan koordinasi dengan perangkat daerah di Kota Probolinggo.

“Agar punya kesamaan pemahaman dalam penyusunan format dan monitoring, Pemkot Probolinggo melalui Bappeda Litbang menyelenggarakan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan SDG’s setiap semester dan setiap tahunnya bersama-sama bersinergi dengan Pemprov Jawa Timur. Tentu ini sebagai wujud komitmen bersama dalam pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujar Rey Suwigtyo. (*/el)