Lapas Rutin Cek Teralis dan Gorong-gorong demi Kontrol Warga Binaan

PURWOREJO, Radar Bromo – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pasuruan, terus berupaya meningkatkan kenyamanan warga binaannya. Salah satunya dengan rutin melakukan pengecekan dan pengawasan di setiap ruangan.

Kepala Pengamanan Lapas Kelas IIB Pasuruan Afan Sulistyono mengatakan pengamanan warga binaan selalu menjadi atensi utama. Tujuannya, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satunya, pihaknya juga rutin mengecek gorong-gorong. Sebab, tempat ini cukup rawan menjadi lokasi pelarian warga binaan. Tak terkecuali teralis di sekitar gorong-gorong. “Teralis ini dekat dengan saluran air. Bisa saja sewaktu-waktu keropos. Kami tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Selain itu, pengawasan pada empat pos utama juga diperketat. Lapas juga melakukan rolling setiap waktu. Setiap penjaga diubah lokasi pengawasannya, sehingga lebih maksimal.

Ini, dilakukan karena pihaknya tidak ingin insiden pelarian warga binaan seperti di Medan, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu terjadi di Lapas Pasuruan. “Lokasi-lokasi yang rawan menjadi tempat pelarian kami jaga secara maksimal,” ujar Afan. (riz/rud/fun)