Cross Draine Bundaran Apollo Belum Tuntas, Pertengahan November Harus Rampung

GEMPOL, Radar Bromo – Pengerjaan pembangunan cross draine atau saluran air bawah tanah di Bundaran Apollo, Desa Karangrejo, Gempol, belum selesai. Pembangunan saluran yang melintas di ruas jalan nasional jurusan Surabaya–Malang tersebut, sejauh ini masih digarap.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, cross draine di Apollo tersebut tengah dikerjakan langsung dua titik sekaligus. Yakni di sisi sebelah utara dan selatan Bundaran Apollo. Keduanya melintang dari arah timur ke barat, melintas badan jalan nasional.

“Di lapangan dalam proses pembangunan, untuk cross draine nya di Apollo. Mestinya September lalu sudah tuntas. Pertengahan November ditargetkan rampung,” jelas Farhan, pelaksana lapangan dari BBPJN VIII Surabaya.

Baik di sisi sebelah utara dan selatan, cross draine yang dibangun memiliki panjang 24 meter. Menghubungkan saluran baru yang dibangun tahun ini dengan saluran terbuka, termasuk yang ada di sisi sebelah barat jalan nasional. Untuk bahan yang digunakan, ukurannya lebih besar dipakai untuk cross draine dibandingkan dengan udit saluran air di Bundaran Apollo yang sudah terpasang.

Proyek ini pembiayaan didanai dari APBN. Include dengan kegiatan rekonstruksi ruas jalan nasional di Kecamatan Gempol.

“Ukuran boksnya untuk cross draine yang dipasang lebih besar, kuat dan tebal. Dimensinya panjang dan lebarnya masing-masing satu meter, bentuk segi empat. Sengaja dibangun untuk meminimalisir seringkalinya banjir saat hujan di Bundaran Apollo,” tukasnya. (zal/fun)