Bangunan Milik PT Patal Grati Terbakar, 1,5 Jam Api Baru Padam

GRATI, Radar Bromo– Kebakaran masih rawan terjadi di wilayah Pasuruan. Selasa siang (29/10), sebuah bangunan dan lahan di dalam lokasi eks PT Patal Grati terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun peristiwa ini sempat membuat warga menjadi panik.

Peristiwa kebakaran ini terjadi sekitar pukul 12.00. Siang itu, angin bertiup cukup kencang. Tak lama kemudian, salah seorang warga yang melintas melihat ada kepulan asap di sekitar lokasi. Ia lantas menghubungi Polsek Grati.

Laporan ini selanjutnya ditindaklanjuti dengan menghubungi unit pemadam kebakaran (damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan. Tak lama kemudian, sekitar pukul 12.20, unit damkar dari BPBD Kota Pasuruan tiba di lokasi.

Proses pemadaman berlangsung cukup lama. Angin yang cukup kencang membuat api cukup sulit dipadamkan. Usai berjibaku, sekitar pukul 13.30, api berhasil padam dan langsung dilakukan pembasahan.

Kapolsek Grati, AKP Suyitno melalui Kasi Humas Polsek Grati, Bripka Malik mengungkapkan penyebab kebakaran belum diketahui. Namun, diduga berawal dari cuaca panas dan angin yang kencang sehingga menyebabkan rumput dan ilalang yang kering terbakar.

“Kondisi ini membuat api dapat menjalar dengan mudah ke bangunan yang terbuat dari bahan mudah terbakar. Sedikitnya ada 10 bangunan yang atapnya terbakar,”terang Malik. (riz/fun)