RSUD Tongas Sediakan Fasilitas Ramah Anak

PASIEN anak-anak merupakan salah satu pasien yang memerlukan perawatan khusus. Tidak jarang anak-anak kerap merasa tidak nyaman ketika dirawat di rumah sakit.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kenyamanan anak-anak ketika dirawat dengan menyediakan fasilitas yang ramah anak. Hal ini terlihat di paviliun ibu dan anak Hasan Aminuddin. Berbagai ornamen lucu menghiasi berbagai sudut ruangan.

Berbagai ornamen kartun terpasang di tangga menuju lantai 2. Serta, sejumlah ruang tempat tidur untuk anak juga dihias dengan berbagai ornamen kartun. Bahkan, di salah satu sudut ruangan, disiapkan lokasi bermain anak. Lokasinya aman ka­rena dilengkapi dengan alas yang cukup tebal untuk meminimalkan cedera anak saat bermain.

“Salah satu bagian dari program Hospitality For Mom and Baby adalah tersedianya Pojok Sayang Anak. Di sana ditempatkan area bermain khusus anak yang dirawat di rumah sakit,” ujar Direktur RSUD Tongas dr Hariawan Dwi Tamtomo, M.Mkes.

Hariawan menjelaskan, anak-anak yang dirawat di rumah sakit tidak jarang tidak nyaman. Ciri-cirinya, rewel dan tidak ko­operatif saat dilakukan pemeriksaan kesehatan. “Pojok Sayang Anak ini agar anak-anak yang dirawat tidak merasa jika se­dang di rumah sakit,” ujarnya.

Selain membangun fasilitas ramah anak, manajemen RSUD Tongas juga menyiapkan tim khusus emergency. Tim yang dibentuk pada Agustus 2019, ini membantu kasus-kasus emergency, termasuk ketika ada kelahiran ibu yang memerlukan penanganan khusus. “Tim emergency ini terdiri atas dokter umum, paramedis, dan driver. Mereka ini juga yang menentukan rujukan bagi pasien emergency,” ujarnya. (*/put/rud)