Begini Kata Tomas-Forkopimda soal Setahun Nawa Hati

TOKOH masyarakat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Probolinggo menilai positif kepemimpinan Bupati Hj. P. Tantriana Sari, S.E. dan Wabup Drs. H.A. Timbul Prihanjoko selama satu tahun di periode kedua (Nawa Hati) ini. Forkopimda menyebut, koordinasi dan komunikasi dengan Bupati dan Wabup sangat baik. Program pembangunan itu berjalan dengan baik, terutama program yang langsung berhubungan dengan masyarakat.

Sementara tokoh masyarakat menegaskan, kondisi Kabupaten Probolinggo kondusif dan aman selama kepemimpinan Bupati Hj. P. Tantriana Sari, S.E. dan Wabup Drs. H.A Timbul Prihanjoko. Keduanya juga sangat mendukung kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan.

 

NADDA LUBIS, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo

Selama satu tahun memimpin, Bupati Hj. P. Tantriana Sari, S.E. dan Wabup Drs. H.A. Timbul Prihanjoko telah melakukan berbagai program dalam pembangunan di beberapa sektor. Ke depan, Bupati dan Wabup harus menuntaskan persoalan dan masalah yang ada. Sehingga, visi dan misi Bupati dan Wabup dalam pembangunan di segala sektor segera terwujud. Yang tak kalah penting, ke depan harus memudahkan semua pelayanan. Tidak ada penyimpangan dalam melakukan kegiatan untuk mewujudkan visi dan misi.

 

AKBP EDDWI KURNIYANTO, Kapolres Probolinggo

Selama kepemimpinan Bupati Hj. P. Tantriana Sari, S.E. dan Wabup Drs. H.A. Timbul Prihanjoko di periode kedua ini, Forpimda selalu solid. Baik dalam bidang koordinasi, maupun kerja sama yang dilakukan. Soliditas ini, tidak hanya terjadi di tingkat Forpimda. Namun, juga di tingkat Muspika. Pembangunan di Kabupaten Probolinggo juga makin maju selama periode kedua ini. Baik itu pembangunan fisik, maupun nonfisik. Pembangunan di semua sektor pun terus ditingkatkan, dan langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

 

LETKOL INFANTERI IMAM WIBOWO, Komandan Kodim 0820 Probolinggo

Koordinasi antara anggota Forpimda, terutama Bupati Hj. P. Tantriana Sari, S.E. dan Wabup Drs. H.A. Timbul Prihanjoko sangat bagus. Selama ini komunikasi yang dijalin juga berjalan lancar. Karena itu, Kodim 0820 Probolinggo siap mendukung kepemimpinan Bupati Hj. P. Tantriana Sari, S.E. dan Wabup Drs. H.A. Timbul Prihanjoko. Terutama untuk program yang pro dengan rakyat. Sehingga, membuat rakyat Kabupaten Probolinggo semakin sejahtera.

 

ANDI SURYANTO WIBOWO, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo

Sebagai sama-sama unsur pemerintahan, sinergitas DPRD Kabupaten Probolinggo dengan Pemkab Probolinggo cukup baik. Itu, bisa dilihat dari segala masalah dalam pemerintahan yang bisa dikomunikasikan. Pihaknya berharap, sinergitas dan hubungan baik itu terus berjalan. Di sisi lain, menurutnya, program serta visi dan misi bupati sudah berpihak kepada kepentingan masyarakat. Sehingga, seluruh programnya wajib didukung.

 

GATOT ARDIAN AGUSTRIONO, S.H., SP.N., Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan

Pembangunan di Kabupaten Probolinggo selama ini berjalan cukup bagus dan merata. Memang, masih ada beberapa desa yang kurang sempurna pembangunan infrastrukturnya. Namun, saat ini sudah ada perbaikan dan terlihat progres pembangunannya. Apalagi dengan adanya dana desa, pembangunan di desa menjadi semakin baik. Tentu hal tersebut tidak terlepas dari pembinaan dan pendampingan yang diberikan oleh pemkab.

Hubungan antara Pemkab Probolinggo dengan Forpimda pun sudah berjalan baik, terutama dengan PN Bupati Hj. P. Tantriana Sari, S.E. sering mengadakan pertemuan dengan jajaran Forpimda untuk menjawab masalah yang timbul di masyarakat.

Saat ini program yang perlu dikembangkan lagi oleh Pemkab Probolinggo yaitu bidang pariwisata. Juga program-program yang berkaitan dengan peningkatan hasil pertanian dan usaha kecil menengah.

Dalam upaya menciptakan Kabupaten Probolinggo yang bersih dari permasalahan hukum, kami berharap adanya program atau sosialiasi atau penyuluhan hukum terjadwal. Kegiatan ini bisa digelar Pemkab Probolinggo dengan mengambil unsur dari PN, Kejaksaan, dan Kepolisian sebagai narasumbernya.

Harapan kami, supaya kerja sama yang sudah terjalin selama ini dapat semakin erat lagi. Sehingga, Kabupaten Probolinggo bisa menjadi kabupaten yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Aamiin.

 

KH. MUNIR KHOLILI, Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo

Selama kepemimpinan Bupati Hj. P. Tantriana Sari, S.E. dan Wabup Drs. H.A Timbul Prihanjoko, Kabupaten Probolinggo terbilang aman dan kondusif. Tidak ada gejolak yang terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang mengganggu ketertiban dan keamanan. “Permasalahan terkait agama hingga molimo yang sempat muncul sudah teratasi dengan baik, tanpa menimbulkan konflik di tengahtengah masyarakat,” ujar KH. Munir Kholili, ketua MUI Kabupaten Probolinggo.

Hal itu, berkat sinergi yang baik antara MUI, Pemkab Probolinggo, dan unsur Forkopimda lainnya. Di antaranya, Kapolres dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo. “Kepemimpinan Bupati dan Wabup sangat dinamis dan efektif dalam menciptakan kerukunan umat beragama. MUI siap mendukung program Pemkab,” katanya.

 

KH. NASRULLAH A. SUJA’I, S.H., M.PD., Ketua PC NU Kota Kraksaan

Dukungan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, S.E. dan Wabup Drs. H.A Timbul Prihanjoko dalam program yang dijalankan PC NU Kraksaan selama ini cukup baik dan terus meningkat. “Alhamdulillah, sudah bagus. Dukungan tidak pernah surut dari Pemkab Probolinggo,” ujar KH. Nasrullah A. Suja’i, S.H., M.Pd., ketua PC NU Kota Kraksaan.

Banyak program yang didukung Pemkab Probolinggo selama ini. Seperti Pelatihan Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKNU), hingga dukungan pada Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) melalui klinik khitan NU. “Dokter yang melakukan khitan dari RSUD Waluyo Jati Kraksaan,” jelasnya.

 

KH. IDRUS ALI, S.AG., M.HI., Ketua FKUB Kabupaten Probolinggo

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Bakorwil V Jember, Kabupaten Probolinggo termasuk daerah yang kondusif, dinamis, dan harmonis. Serta, penuh toleransi di bidang agama,” ujar KH. Idrus Ali, S.Ag., M.HI., ketua Forum Kerukunan Umat Bergama (FKUB) Kabupaten Probolinggo.

Menurutnya, hal itu tidak terlepas dari peran pihak terkait yang dikomandoi oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, S.E. Peran serta tokoh agama dan Pemkab selama ini juga sangat baik dalam menciptakan kerukunan umat beragama tersebut.

“Bersama Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo, kami rutin menggelar seminar tentang toleransi dan sarasehan tentang kebangsaan. Semoga sinergi antara tokoh agama, Pemkab, dan masyarakat semakin terjalin dengan baik,” katanya.

 

FAUZI, S.Ag, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Probolinggo

Koordinasi dan sinergitas Pemkab Probolinggo dengan organisasi keagamaan selama ini terjalin dengan baik. Salah satunya dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Probolinggo. Melalui APBD, Pemkab juga mendukung kegiatan yang digelar salah satu organisasi keagamaan tersebut. “Kami dapat dana hibah dari APBD yang kami manfaatkan untuk mendukung kegiatan kami,” ujar Fauzi, S.Ag., ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Probolinggo.

Menurutnya, pelayanan dan kebutuhan masyarakat sejauh ini direspons dengan baik oleh Pemkab. Pihaknya juga berharap layanan yang sudah baik itu terus ditingkatkan untuk kepentingan masyarakat.

“Mungkin juga bisa membuat layanan pengaduan yang bisa diakses melalui handphone. Semoga Kabupaten Probolinggo menjadi daerah yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” katanya. (*/uno/sid/hn)