Target Potong Sapi di RPH Kab Probolinggo Masih Minim

DRINGU, Radar Bromo – Dua bulan menjelang akhir tahun, target pemotongan sapi di rumah potong hewan (RPH) di Kabupaten Probolinggo masih jauh dari target. Karenanya, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan terus berusaha memaksimalkan sisa waktu untuk memenuhinya.

Kasi Kesmavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo Nikolas Nuryulianto mengatakan sampai September, ada 4.649 ekor sapi yang dipotong di RPH. Jumlah ini masih jauh dari yang ditargetkan tahun ini sebanyak 8.272 ekor.

Masih minimnya jumlah pemotongan sapi ini berdampak pada produksi daging. “Produksi daging sapi kami saat ini memang masih jauh dari target. Namun, kami terus berupaya agar produksi daging sapi ini dapat tercapai,” ujarnya.

Menurutnya, data produksi daging sapi ini diketahui dari jumlah data para pelaku usaha yang memotong ternaknya di RPH. Dari enam RPH di Kabupaten Probolinggo, semuanya masih minim.

“Jumlah produksi daging ini kami peroleh dari pelaku usaha yang melakukan pemotongan hewan di RPH. Sudah kami upayakan semaksimal mungkin agar pelaku usaha mau datang dan memotong sapinya di RPH,” ujarnya.

Tak hanya target produksi daging yang akan dikejar Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo, namun juga tingkat kebersihan, keamanan, serta kualitas daging akan terus ditingkatkan. Upaya ini dilakukan agar masyarakat tidak khawatir ketika mengonsumsi daging.

“Kami sarankan kepada pelaku usaha agar melakukan pemotongan di RPH yang sudah tersedia. Karena kebersihan lebih terjamin dan pastinya lebih aman untuk dikonsumsi,” ujar Nikolas. (ar/rud/fun)