Perpustakaan Matangkan Pengadaan E-Book

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Rencana Pemkot Pasuruan untuk melakukan penyediaan electronic books (E-book) tahun ini semakin dimatangkan. Pemkot menyebut saat ini penyediaan E-book tersebut masih dalam tahap pengadaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan, Evawati mengungkapkan pihaknya akan melakukan pengadaan E-book tahun ini. Anggarannya sebesar Rp 12,5 juta melalui perubahan APBD (P-APBD) 2019.

“Kami berencana melakukan pengadaan E-book. Cuma saat ini masih dalam tahap pengadaan dahulu,” ungkapnya.

Eva-sapaan akrabnya menjelaskan pengadaan ini untuk 200 judul buku. Ratusan E-book ini terdiri dari bermacam jenis buku. Mulai dari fiksi seperti novel, cerpen dan puisi hingga non fiksi mulai dari sejarah, ilmu pengetahuan dan ilmiah.

Nantinya, bagi masyarakat Kota Pasuruan yang sudah tergabung dalam anggota Perpustakaan Daerah di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo, bisa mengunduhnya melalui apps Play Store. Mereka bisa mengunduh E-book ini melalui smartphone milik mereka.

Menurutnya, pengadaan ini bukannya tanpa alasan. Sebab, pihaknya menilai E-book ini lebih praktis karena bisa dibaca kapan saja dan dimana saja tanpa harus membawa buku cetaknya. Pembaca cukup bermodalkan smartphone saja.

“Ini upaya kami meningkatkan minat literasi di Kota Pasuruan. Melalui E-book yang mudah dibaca dimana saja dan kapan saja,” terang Eva. (riz/fun)