Syarat Formil-Materiil Perlu Dilengkapi, Kejari Kembalikan Berkas Anggota DPRD Abdul Kadir

KRAKSAAN, Radar Bromo – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo mengembalikan berkas perkara kasus dugaan ijazah palsu dengan tersangka anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, Abdul Kadir. Alasannya, berkasnya belum lengkap alias P-19. Karenanya, Kejari meminta penyidik Polres Probolinggo untuk memperbaikinya.

Kasi Pidana Umum Kejari Kabupaten Probolinggo Ardian Junaedi mengatakan, berkas perkara itu dikembalikan kepada pihak kepolisian, Rabu (23/10). Sebab, untuk dinyatakan lengkap alias P-21 masih perlu ada perbaikan. “Sudah kami kembalikan. Ada yang perlu diperbaiki,” ujarnya.

Menurutnya, yang perlu diperbaiki di antaranya syarat formil dan materiil. Seperti berkas persuratan. Untuk yang materiil ada materi pokok perkara. “Kalau syarat formil terkait kekurangan persuratan, syarat materiil terkait materi pokok perkara untuk mendukung unsur-unsur pasal yang sudah disangkakan,” jelasnya.

Baca juga: Keluarga Sebut Ada Oknum Dispendik, Dalam Kasus Ijazah Palsu Anggota DPRD

Pria asal Kabupaten Lumajang ini berharap pihak kepolisian segera melengkapinya. Tujuannya, agar kasusnya bisa segera dikirim ke pengadilan untuk disidangkan. Soal batasan waktu perbaikan, Ardian mengatakan, tidak ada batas waktu. “Segera diperbaiki. Untuk batas waktu tidak ada. Tapi, harapan kami segera diperbaiki,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Abdul Kadir terjerat dalam kasus ijazah palsu. Politisi Gerindra itu disangka telah menggunakan ijazah palsu dalam pencalonannya sebagai anggota DPRD.

Setelah menjalani serangkaian proses penyelidikan, penyidik telah mengirim berkasnya ke Kejari. Pihak kepolisian menunggu kasusnya dinyatakan lengkap. Sebab, itu akan menjadi modal untuk memburu tersangka lain.

Penyidik menduga dalam kasus ini ada tersangka lain. Sebab, tersangka Abdul Kadir hanya sebagai pengguna ijazah palsu. Di balik itu, masih ada produsen dan perantaranya. Namun, ternyata berkasnya belum lengkap. (sid/rud)