Sebulan, Polres Probolinggo Tangani 3 Kasus Persetubuhan Ayah-Anak

PAJARAKAN, Radar Bromo – Jumlah kasus persetubuhan antara anak dan orang tuanya bulan ini di Kabupaten Probolinggo cukup tinggi. Sampai berita ini ditulis, ada tiga kasus yang telah ditangani Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Probolinggo.

Tiga kasus itu telah diproses dan tersangkanya sudah dibekuk dan ditahan. Mereka adalah seorang ayah berinisial MD, 66, warga Kecamatan Leces; SY, 46, warga Kecamatan Gending; dan SN, 44, warga Kecamatan Gading. Mereka diringkus dalam waktu yang berdekatan pada bulan ini.

Kanit PPA Satreskrim Polres Probolinggo Bripka Isana Reny Antasari mengatakan tiga minggu terakhir pihaknya berhasil menangani tiga kasus persetubuhan anak dan ayah. Ketiganya merupakan anak di bawah umur. “Dibandingkan dengan bulan lainnya, bulan ini yang banyak,” ujarnya.

Menurutnya, dari tiga kasus persetubuhan anak dan ayah itu, dua di antaranya ayah tiri. Satu lagi merupakan ayah kandung yang tega mencabuli anaknya. “Ada beberapa faktor yang membuat mereka melakukannya. Faktor utamanya akhlak, faktor kedua pengaruh lingkungan. Orang tua dalam hal ini ibu korban kurang memberikan perhatian,” ujarnya.

Karenanya, pihaknya mengimbau kepada orang tua agar lebih memperhatikan anaknya dan menanamkan kasih sayang lebih intens. Serta, saling menjaga buah hatinya dan peka terhadap potensi kejahatan seksual.

“Kalau tidak bisa saling mengawasi atau menjaga, tidak menutup kemungkinan jumlah kasus persetubuhan terhadap anak akan bertambah,” ujarnya. (sid/rud)